ngeBlog Adalah Bekerja untuk Keabadian

The clock

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer

Kutipan quotes dari Pramoedya Ananta Toer itu sepertinya sangat tepat untuk ditujukan kepada aktivitas ngeBlog. Soalnya, sekali posting tulisan di blog, tulisan kita jadi “abadi” ada di Internet.

Abadi, karena setelah Google mengindex blog kita, Google menyimpannya dalam cache (tembolok). Saat blog kita non aktif pun, tulisan kita masih bisa diakses oleh pengguna Internet.

Bulan lalu, website komunitas yang saya urusi, anakUI.com, baru saja kehilangan data tulisan dan komentarnya selama satu bulan Mei penuh, karena kesalahan saat migrasi server. Tapi berkat adanya cache dari Google, tulisan dan komentar yang ada di situ bisa dikembalikan seperti sedia kala.

Ngetweet itu nggak abadi. Nyari tweet kita bulan lalu aja sulitnya bukan main. Kecuali kalo kita udah ngebackup tweet kita, atau pake website pihak ketiga kaya topsy.com.

Ya, menulis blog itu menghasilkan sesuatu yang “abadi”, karena tulisan dan pemikiran kita tercatat di situs pencari. Benar-benar “abadi”, entah itu tulisan dan pemikiran yang positif, atau bahkan yang negatif. Curhatan atau celaan terhadap seseorang/satu pihak, akan

Jadi, mari kita mengabadikan ilmu dan pemikiran kita, yang positif-positif dan bermanfaat dalam bentuk postingan blog. Karena menulis blog adalah pekerjaan “keabadian” :)

Sudahkah kita ngeBlog yang bermanfaat hari ini?

25 Responses to “ngeBlog Adalah Bekerja untuk Keabadian”

  1. 2 November 2011 at 19:48 #

    Stuju..paling gak menjadi referensi bantahan terhadap tudingan klo Blogger tu buang2 waktu…Salam blogger.

  2. 5 December 2011 at 11:27 #

    wuih. keren banget nih judul tulisan. mantap.. tapi kalau dipikir2 emang bener juga yah. orang boleh mati. tapi pemikirannya akan terus bergaung selama memang itu bermanfaat.

  3. 8 February 2012 at 15:52 #

    sip….. buat saya ngeblog itu serasa sebuah kebutuhan jadi rasanya pengen update terus setiap saat sampai mengalahkan facebook… tapi terkadang terkendala waktu karena harus menulis

  4. 22 March 2012 at 13:39 #

    Ngeblog bikin ilangin stress.. :) )

  5. sastrawati
    31 March 2012 at 18:24 #

    ide bagus pengen belajar ngeblog susah g’ iya tks ya

Leave a Reply to Atjeh ONLine™