Kehilangan Fokus

Seperti yang kita tahu, internet berisi banyak sekali kesempatan-kesempatan yang dapat menyajikan berbagai keuntungan, baik finansial, spiritual ataupun kepuasan hati. Ketika menemukan kesempatan-kesempatan baru tersebut kita jadi gelap mata untuk mencobanya satu-satu, menjalankannya, seolah-olah itu akan bermanfaat ataupun akan menghasilkan keuntungan buat kita.

Tapi apa jadinya ? Terkadang hal-hal baru tadi mengalihkan fokus kita akan sesuatu yang sudah kita tekuni (baik itu karena keahlian kita ataupun karena sudah lama kita tekuni). Yah kita kehilangan fokus.

Dalam dunia blogging juga seperti itu. Setelah beberapa minggu terakhir ini saya mengevaluasi diri lagi, saya melihat sudah begitu banyak blog-blog yang saya kelola. Kira-kira ada 20an. Dan rasanya tidak semua dapat saya tangani dengan baik satu persatu. Malah terkesan, ada beberapa blog saya yang terlihat mati suri.

Kendalikan Ego

Mungkin ini fitrah manusia, rasa tidak puas akan sesuatu. Ketika mendapat sesuatu, ia pengen yang lebih dari itu. Selalu saja seperti itu. Tetapi apakah kita lantas menyalahkan ego ? Ahh.. tidak perlu juga.

Jangan mempermasalahkan ego itu. Karena ego diberikan Tuhan semata-mata untuk membuat kita terus menerus mencapai hal yang lebih baik dan menguji manusia untuk menaikkan kelasnya.

Ketika kita menemukan topik-topik baru untuk memulai sebuah blog baru, jangan serta merta kita langsung membeli domain, mempersiapkan hosting, buat logo, upload themes, dan nulis untuk blog itu. Analisa benar-benar, apakah kita sangat niat melanjutkan blog tersebut ?

Jangan-jangan hanya seperti ungkapan “panas-panas tai ayam”. Panasnya seminggu awal doank, setelah itu, frekuensi menulis menjadi berkurang, dan dalam 2 bulan blog itu mati suri.

Jadi seperti cahaya

Cobalah ambil senter di dekatmu. Nyalakan dan liat cahayanya. Apakah terasa panas ? Apa mampu membakar kulitmu ? Tentu tidak kan ? Namun, ketika cahaya itu dikumpulkan dan konsentrasi nya diperkuat, jadilah ia cahaya laser yang mampu memotong besi.

Seperti itulah perumpamaan fokus. Ketika seseorang fokus, ia dapat membuat segala waktu, usaha dan pemikirannya untuk satu tujuan. Dalam dunia blog, ketika seseorang menjadi sangat fokus di blognya, pengunjung setia  akan mulai terbentuk, artikel-artikel berkualitas akan tercipta bahkan inovasi-inovasi yang tak terpikirkan sebelumnya pun dapat muncul. Jika blog itu berorientasi pada bisnis, maka penghasilan yang akan dihasilkan pun bisa berlipat-lipat keuntungannya.

Lantas, tak bolehkan bercabang ?

Namun bukankah ada peribahasa bisnis yang menyatakan, “Jangan meletakkan telur dalam satu keranjang”. Ya, saya tidak menyalahkan peribahasa ini. Namun, kita harus tahu pada saat apa kita mengalihkan fokus kita untuk mulai menambah blog lagi.

Cara untuk mengetahui kapan saatnya kita bisa memiliki blog yang lain adalah ketika kita sudah merasa blog kita dapat berdiri sendiri. Angka waktu pastinya tidak dapat saya tentukan, karena hal ini sangat terkait dengan banyak faktor. Tapi intinya adalah, ketika blog kita tidak menjadi beban lagi bagi diri kita untuk membuatnya hidup, itulah tanda kita dapat membuat blog baru lagi.

Jika kamu belum merasakan itu. Jangan buat blog baru lagi. Fokus ke yang lama.

Nah, teman-teman pasti ada yang memiliki blog lebih dari satu juga kan ? Silahkan berbagi tips dan sarannya di kolom komentar ya. Akan ngebantu buat blogger-blogger lainnya.

Ditunggu ya.

Salam Ayo ngeBlog !

31 Responses to “Kehilangan Fokus”

  1. 28 May 2010 at 13:01 #

    Ulasan yang sangat inspiratif mas. Saya sendiri baru punya 2 buah blog yang benar-benar ingin saya kelola secara serius. Walau cuma 2, ternyata membagi fokusnya pun masih agak susah bagi saya. Satu blog jadi agak terlantar karena saya lebih fokus pada blog baru di WP self hosting. Blog sebelumnya di blogspot udah hampir 2 bulan tidak saya update..hehehe

  2. 29 May 2010 at 7:20 #

    Ha, ha, bener kang. Kalo saya pernah ngelola ampe 12 blog, dan sempet aktif semua :D trus dirampingkan lagi ampe cuma jadi 3 biji, trus sekarang cuma fokus ke 1 blog aja. Kalo lagi kebanyakan ide, simpen di draft ato post ke blog rame2 aja :)

  3. 29 May 2010 at 13:45 #

    Nge-blog memang harus konsisten, apa lagi kalo udah ada pengunjung ‘setia’

  4. 29 May 2010 at 14:12 #

    Saya setuju pendapat Mas Wili. Repot juga banyak blog. Saya sendiri sedang fokus di blogspot. Yang lainnya baru ala kadarnya, ya gitu deh jadinya …

  5. 30 May 2010 at 0:00 #

    wah saya juga sering terdistraksi, gampang nggak fokus @[email protected]

  6. 7 June 2010 at 0:00 #

    setuju mas Fadli! kita emang harus fokus pada core competence kita

  7. 8 June 2010 at 21:56 #

    Inspiratif dan mengena banget, apalagi bagi saya yg baru mulai ngeblog :-)

    Salam kenal Mas, dan juga buat kawan AyoNgeblog!

  8. 9 June 2010 at 0:11 #

    Setuju banget nih bos, jangan gag mengolah banyak blog, aku satu blog sudah lama tidak di kelolah waktu buka jadi bingung apa yang mau di posting

    Salam

  9. 9 June 2010 at 9:36 #

    Wah setuju banget nih!

  10. 18 June 2010 at 6:34 #

    Setuju..setuju..setuju..
    Inspirasi itu dicari dan mencari
    kalo terbiasa, pasti datang sendiri
    Terus berkarya, terus menginspirasi ^_~”

  11. 26 June 2010 at 12:16 #

    terimakasih pencerahannya mas.

  12. 4 July 2010 at 13:51 #

    salam kenal, baru belajar ngeblog jg nih…

  13. 17 August 2010 at 9:36 #

    humm….saya dulu punya 3 blog. tapi dah dirampingkan jadi satuuuu aja. itu pun di kasi di tempat istimewa. :)

  14. 18 October 2010 at 20:38 #

    yap, nice post ^_^
    *jiper juga sampai ngurus 20 blog*

    saya baru punya blog 1.. alhamdulillah fokus (ya iya laaah). berencana nambah juga sih.. mungkin nanti. trimakasih atas masukannya..

  15. 20 December 2010 at 8:53 #

    slam knl semunya
    http://blog.umy.ac.id/mahrus

  16. 20 January 2011 at 9:50 #

    wah bener mas willi ni..
    Aku dulu pernah disarankan ama bloger sebelah untuk bikin blog yang banyak….biar dapat $$$ ternyata ujung-ujungnya malah jadi stresss. maklum masih pemula….

    Trimakasih atas infonya semoga sukses slalu

  17. 20 May 2011 at 20:46 #

    wah saya punya beberapa blog, tapi yang bener2 diurus cuma dua. yang satu sih sebenarnya udah bias dilepas (kayaknya). tapi sedih juga mengingat masa2 bersama dirinya. ngurus blog yang baru ini stres betul karena saya makin sadar bahwa saya nggak punya banyak bakat dan minat yang bisa jadi topik tulisan.

  18. 2 June 2011 at 13:18 #

    benar sekali mas… saya juga memiliki banyak blog dengan berbagai tema, salahnya.. saya membuat blog baru ketika blog yang ada belum bisa berdiri sendiri..

  19. 7 June 2011 at 20:52 #

    Secara umum, internet membuat ane gak fokus.. hehe.. *kasihan ya saya..
    Padahal kalo bisa fokus, saya bisa lebih banyak berkontribusi, bukan hanya menerima ekspos informasi masif dari internet ini.. *semangat fokus!!

  20. 17 July 2011 at 18:36 #

    Mantapz sobat, The Power of Focus!!!

Leave a Comment