Ajak Dokter Itu NgeBlog ! Dan Profesi yang Lain Pula

Rasanya sudah sangat lama aku ga nulis disini lagi. Jadi kangen juga. Ketika ada email dari Ilman, bahwa Ayo ngeBlog akan di “lahirkan kembali”, semangatku untuk ngeblog kembali juga. Hmm.. disinilah salah satu letaknya keuntungan menjadi bagian sebuah komunitas blog. Disaat salah satu blogger menjadi lemah, ada blogger-blogger lain yang mencambuk kita untuk bangkit lagi. Terima kasih buat teman-teman di Ayo ngeBlog yang udah memberikan itu.

Sekedar berbagi info, beberapa waktu yang lalu di kampus saya, Fakultas Kedokteran UGM, diadakan seminar mengenai blog. Intinya adalah memanfaatkan blog untuk berbagi ilmu kepada orang lain. Pembicaranya saya sendiri. Sekalian mengajak rekan-rekan di kampus yang tak hanya gila baca aja, tapi juga harus gila nulis.

Kenapa spesifik ke mahasiswa kedokteran ?

Secara pribadi saya melihat, dokter-dokter sekarang masih banyak yang belum membagi ilmunya melalui media blog. Coba bayangkan ketika para dokter-dokter Indonesia (di negara kita ada 57 Fakultas Kedokteran negeri dan swasta), dapat membagi ilmunya secara gratis di internet. Mungkin, masyarakat akan dapat dicerdaskan oleh ilmu kesehatan dari sumber yang tepat. Bukan asal “katanya”.

Ketika nantinya salah satu blogger membaca artikel dokter tadi, kemudian menyebarkannya –minimal ke keluarganya sendiri– maka tak pelak lagi, pengetahuan kesehatan masyarakat akan meningkat. Ujung-ujungnya adalah semakin sedikitnya orang sakit yang berkunjung ke dokter. Hasil akhirnya adalah banyak orang sehat, dan tentu saja akan diikuti oleh bangsa yang cerdas.

Kamu bisa ikuti cara saya

Tak perlu ilmu tentang blog yang tinggi-tinggi amat untuk membagi semangat blog kepada orang lain. Bukan ilmunya yang penting, tapi semangatnya. Ketika kita menjalaninya dengan semangat, orang lain pun akan menjalankan apa yang kita suruh dengan semangat pula.

Cara yang bisa kamu pakai adalah dengan mengumpulkan beberapa orang di kampus, sekolah, atau lingkungan kerja disekitarmu. Ajak untuk berdiskusi dalam lingkaran-lingkaran group diskusi yang kecil. Atau kamu bisa memilih skala yang sedikit lebih besar dengan mengadakan seminar di lingkungan mu. Bagi yang masih di kampus, awali dulu dengan minta izin ke BEM atau lembaga mahasiswa yang mengurusi itu. Sehingga pengaruhnya bisa lebih kuat lagi.

Ada sedikit trik agar cukup banyak peserta yang bisa datang. Gunakan uang. Yup, lembaran-lembaran duit itu bisa jadi penstimulus awal agar para blogger pemula tertarik untuk ngeblog. Tak perlu banyak-banyak, sedikit saja. Nanti ketika ditengah acara kita bisa menyisipi dengan mengajak mereka untuk membuat blog.

Memang motivasi untuk ngeblog menggunakan uang tidak terlalu baik, karena jiwa dari sebuah blog itu dapat hilang. Namun menurut saya, cara-cara seperti ini cukup berhasil menarik perhatian blogger-blogger pemula. Nantinya terserah kemampuan kita bagaimana memotivasi mereka agar bisa ngeblog dengan hati (mengutip kata-katanya Ndoro Kakung).

Jangan lupa follow up !

Setelah sesi seminar blog selesai, hal yang paling penting dan terlupakan bagi kebanyakan seminar adalah follow up. Ya, ibarat anak ayam yang baru menetas, blogger-blogger baru ini masih banyak kebingungan untuk mencari tempat belajar yang tepat, masih cukup sulit mencari semangat ngeblog. Jadi harus ada kita yang mengingatkan. Atau jika nantinya mereka sudah memiliki blog, kita dapat menjadi salah satu pengunjung rutin blog mereka, dengan meninggalkan jejak komen misalnya.

Nah, komunitas di sekitar kalian juga membutuhkan bantuan kalian agar mereka tersadar mengenai betapa seru dan bermanfaatnya memiliki sebuah blog. Mungkin nanti kita akan banyak mengenal profesi baru : blogger dokter, blogger polisi, blogger pengacara, blogger insinyur, blogger perawat, dan blogger-blogger profesi lainnya.

Saya juga sedang memulai membangun sebuah blog untuk profesi saya kedepan, yakni di www.anakfk.com. Silahkan buat untuk profesi mu juga.

Harapannya cuma satu.

Berbagi ilmu. Ya, dengan semakin banyaknya profesi-profesi tadi membagikan ilmunya, akan membuat wawasan kita semakin bertambah. Semakin banyak pula ilmu-ilmu gratis yang bisa kita dapatkan di internet.

Mau kan ?

Ayo ngeBlog !

15 Responses to “Ajak Dokter Itu NgeBlog ! Dan Profesi yang Lain Pula”

  1. 17 May 2010 at 19:58 #

    dalam promosi kesehatan… ngeblog cukup bagus untuk mengupas permasalahan kesehatan…
    selain itu merupakan sarana yang cukup jitu untuk media promosi kesehatan.
    hanya saja minat masyarakt dan mahasiswa sendiri untuk meng up date blognya masih sangat sedikit. bhkan banyak yg tidak tau pakai blog..

  2. 18 May 2010 at 8:31 #

    enak yang sukses, paling malas ngajak orang kalau sudah diajak bilang “NGGA PENTING AMAT SEH”..
    tanpa mau cari tau atau mau cari informasi. ini yang aye banyak temui

  3. 18 May 2010 at 9:15 #

    Mas. Artikel kesehatan itu kalau banyak referensinya (bukan dari blog langsung) akan membingungkan. Sama saja seperti beda dokter beda diagnosa. Salah diagnosa, bisa jadi berakibat fatal. Jadi kalo emang dokter diajak ngeblog, ga bisa mereka menulis di blog masing-masing. Kudu ada situs komunitas para dokter dulu seperti ayongeblog.com ini. Kemudian, setiap tulisan yang diterbitkan, tentu harus ada review terlebih dahulu dari dokter yang lebih ahli di bidangnya. Trims. :)

  4. 22 May 2010 at 13:42 #

    kalau dah sehat semua, jadi ga ada rumah sakit, dan dirubah jadi rumah sehat.

  5. akbar teknik arsitektur
    27 May 2010 at 0:12 #

    ni wes mas follow up nya…. aku udah coba bikin blog… tapi bingung mau di isi dengan content apa…..
    conten sekiranya sukses seperti mas fadli…

  6. 1 June 2010 at 11:11 #

    mas apa bisa satu orang bisa menguasai dalam bidang web master, web design, teknik website ?

  7. 7 June 2010 at 22:55 #

    anak perikanan juga sudah banyak yang ngeblog…

  8. 29 June 2010 at 19:21 #

    Saya kira mengajak dokter untuk buat blog sebagai media informasi bagi masyarakat adalah baik..sy kira tdk mengapa seorang dokter membahas sebuah penyakit di blognya masing2..tapi prinsipnya artikelnya yg bersifat informasi..artikel yg disampaikan dgn bahasa non ilmiah populer, dan tidak bermaksud menggantikan peran dokter..jadi sekedar memberikan wacana kesehatan pada masyarakat. kalo mau nunggu harus ada komunitas yg kemudian akan mereview semua tulisan yg masuk..sy kira lebih baik masukkan aja ke situs kedokteran yg sifatnya ilmiah populer atau Jurnal ilmiah…jadi tetap semangat untuk ngeblog…saya pun baru sebulan sebagai blogger..

  9. 20 December 2010 at 8:59 #

    wah kalo pada ngeblog semua, pasti bisa ngalain FB…
    salut dech

  10. 12 April 2011 at 12:29 #

    Menurut saya ada beberapa hal yg bikin orang agak malas ngeblog. Kalo yang saya lihat sih sekarang orang2 terutama anak2 muda banyak yang alay dan mereka cenderung menumpahkan ke-al4y-an mereka di FB ato twitter. Kalo di Blog malu dong kelihatan kayak orang gak terdidik. Sedangkan di FB dan Twitter sepertinya hal ini gak begitu penting. Apalagi sekarang ada gadget dengan special character yang makin menambah ke-al4y-an mereka

  11. 22 May 2011 at 22:32 #

    There is noticeably big money to understand about this. I suppose you’ve made specific nice points in features also.

  12. 14 June 2011 at 9:24 #

    sekedar info ajah, kami di badan diklat prov jateng memberikan materi tambahan di luar kurikulum wajib bagi CPNS tentang pengenalan TIK yang salah satu sub materinya adalah pembuatan blog. emang radha2 susah untuk membuka pikiran dan hati para CPNS untuk sadar bahwa membuat blog itu banyak manfaatnya salah satunya sebagai media informasi / sharing ilmu / pengalaman … bahkan kita udah nyediain blog pelatihan TIK untuk peserta Diklat Prajabatan yang menampilkan daftar alamat blog yang (berhasil) dibuat peserta diklat (yang mau ngeblog) http://diklat-prajab.blogspot.com

  13. 31 August 2011 at 14:33 #

    Ide yang menurut saya luar biasa, saya juga mulai menggagas ide agar para penyuluh pertanian yang tersebar di seluruh Indonesia mau menulis dan ngeblog. Saya sendiiri memulainya dengan memberikan contoh nyata membuat blog yang khusus membahas mengenai dunia penyuluhan pertanian dan agribisnis yang mudah-mudahan bisa ditiru oleh para penyuluh yang lain untuk memulai ngeblog. Tulisan anda memberikan bahan bagi kami untuk menyebarluaskan ide ngeblog bagi para penyuluh pertanian. Trima kasih dan salam kenal.

  14. 3 October 2011 at 6:17 #

    “Ujung-ujungnya adalah semakin sedikitnya orang sakit yang berkunjung ke dokter”

    wah,kalo begitu gimana dengan profesi dokter sendiri?
    bisa2 tergantikan dengan semakin banyaknya masyarakat yang pintar dalam masalah kesehatan. Apalagi dewasa ini mereka sudah mampu mandiri dalam mengecek kesehatan, contohnya dengan alat2 kesehatan yang portable.
    Jumlah mahasiswa kedokteran juga sudah banyak, lalu bagaimana nasib kita?

    oh ya, saya juga punya sebuah blog, mungkin masih asal2an, masih berniatkan untuk share ke sesama mahasiswa kedokteran saja. Belum ke artikel2 kesehatan secara umum.
    Mohon sarannya dari anda yang sudah berpengalaman

  15. 3 December 2011 at 19:42 #

    aihhhh……… setuju sekali kalau semua profesi mau menulis di bolg. yang diharapkan adalah kita sebagai bangsa indonesia lebih cepat untuk lepas landas menuju bangsa yang cerdas dan sadar ilmu.growing together, dan kita jadikan blog sebagai learning organization

Leave a Reply to AMYunus