Ayo ngeBlog! Terlahir Kembali!

Teman-teman semua, khususnya pembaca setia Ayo ngeBlog!, ngerasa ga, kalo Ayo ngeBlog! selama beberapa bulan belakangan terasa membosankan?

Saya sangat merasa. Frekuensi tulisan yang muncul di Ayo ngeBlog! menurun dibandingkan satu tahun pertama dulu. Blogger yang dari dulu biasa komentar di sini juga sudah tidak terlihat lagi.

Bahkan saya juga relatif jarang membuka Ayo ngeBlog! Bukan cuma karena kesibukan saja, tapi memang Ayo ngeBlog! kemarin terlihat membosankan. Bayangkan, hampir 2,5 tahun sejak pertama dibuat pada bulan Oktober 2007, di Ayo ngeBlog! tidak ada perubahan yang berarti.

Setelah berdiskusi panjang dengan para kontributor Ayo ngeBlog!, juga mempersiapkan bareng-bareng konsep Ayo ngeBlog! yang baru ini, jadilah hari ini, 16 Mei 2010, saya mengumumkan hari kelahiran Ayo ngeBlog! kembali..

Inti konsep Ayo ngeBlog! selama ini tetap tidak berubah, yaitu tetep bertujuan untuk mengajak orang lain untuk menjadi blogger.

Tapi ada bedanya. Dulu kan targetnya adalah jumlah satu juta blogger Indonesia. Karena jumlah itu sudah terlewati, maka targetnya bergeser. Blogger-blogger Indonesia ga boleh cuma sekedar eksis punya blog, tapi harus ngasih manfaat bagi orang-orang yang membaca blog kita. Itulah mengapa, tagline Ayo ngeBlog! sekarang adalah “ayo jadi blogger bermanfaat!

Lebih detail tentang apa aja yang yang ada di Ayo ngeBlog! baru ini ada di bawah ini:

1. Tema & Konsep Baru

Ya, seperti udah dijelaskan di atas. Lebih detailnya ini, diambil dari halaman Tentang Ayo ngeBlog!

Blogger Indonesia sudah melewati angka 1 juta blogger, seperti target awal Ayo ngeBlog! Nah, kalo kita semua udah jadi blogger, terus ngapain lagi?

Hal terpenting berikutnya adalah blog kita harus memberi manfaat bagi teman-teman yang baca. Apapun topik blog kita, entah blog curhat, blog tutorial, blog bertopik khusus, blog citizen journalism, atau blog yang lain, yang penting blog kita harus memberikan manfaat!

Entah membuat yang baca terhibur, nambah ilmu, memberi inspirasi untuk melakukan sesuatu, dan manfaat-manfaat lainnya, yang penting blog kita harus memberi manfaat!

Ayo ngeBlog! sekarang berusaha terus memberi manfaat dengan tulisan-tulisan kita, mudah-mudahan teman-teman semua terinspirasi untuk juga memberi manfaat lewat blog kita :)

(ini deskripsi baru Ayo ngeBlog!, menambahkan deskripsi lama tentang Ayo ngeBlog!)

2. Logo Baru

Logo hasil kreativitas Fadli Wilihandarwo ini saya modifikasi sedikit di warna dan penggunaan hurufnya. Ayo ngeBlog! menggunakan kombinasi warna abu-abu tua (#2E2E2E) dan hijau pucat (#7AA054).

Logo Ayo ngeBlog! Lama

Logo Ayo ngeBlog! Baru

3. Disain Baru

Ini adalah disain ketiga dari Ayo ngeBlog! Saat Ayo ngeBlog! pertama muncul, masih menggunakan template gratisan yang sangat sederhana. Disain kedua Ayo ngeBlog! dibuat oleh Fadli Wilihandarwo juga. Disain ketiga ini tetep gratisan juga, tapi gampang dimodifikasi dan bagus banget! Disainnya juga magazine style, persis kaya yang saya selalu pengen pake.

Disain Ayo ngeBlog! Lama

Disain Ayo ngeBlog! Lama

Disain Ayo ngeBlog! Baru

Disain Ayo ngeBlog! Baru

4. Kategorisasi Tulisan Lebih Rapih

Kategorisasi tulisan yang lama bikin ambigu dan ga jelas maksudnya. Oleh karena itu, kategorisasi tulisan dirapihin seperti ini:

  • Berita Dunia Blog. Isinya tentang berita terbaru dunia blog. Berisi info-info yang semua blogger harus tahu.
  • Inspirasi ngeBlog. Dengan blog, hal-hal apa sih yang bisa kita dapatkan? Inspirasi dari kegiatan ngeBlog bisa dilihat di kategori ini.
  • Kabar Ayo ngeBlog!. Ini sih tentang pengumuman-pengumuman dari Ayo ngeBlog! untuk teman-teman semua.
  • Lain-lain. Kategori campur-campur.
  • Lomba dan Event. Sering kan, ada lomba blog dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan blog? Jadi tulisannya ditaruh di sini.
  • Profil Blogger. Tentang tokoh-tokoh atau blogger-blogger yang bisa membagi pengalaman dan inspirasi dari kegiatan ngeBlog mereka.
  • Review Blog. Yang ini mengulas tentang blog yang menarik untuk dibaca.
  • Short Info. Ini tulisan pendek-pendek saja.
  • Tulisan Kiriman. Pembaca Ayo ngeBlog! bisa juga mengirim tulisan. Nanti masuk di kategori ini.

5. Facebook & Twitter

Ayo ngeBlog! punya Facebook fan page juga loh! Ayo segera di-like.

Terus Ayo ngeBlog! juga baru punya Twitter. Mari follow @ayo_ngeblog.

Setiap tulisan yang keluar di Ayo ngeBlog! juga akan otomatis tersebar di social media. Ayo sebarkan semangat ngeBlog ke seluruh Indonesia!

6. Creative Commons

Semua tulisan di Ayo ngeBlog! berlisensi Creative Commons, jadi silakan sebarkan tulisan-tulisan di Ayo ngeBlog! tanpa perlu minta izin ke kami, tapi tetep dengan mencantumkan link ya..

7. Banner Baru

Banner yang tersebar di seluruh blog di dunia, sekarang berubah jadi lebih baru, lebih segar, ngikutin logo dan themes Ayo ngeBlog yang berubah.

Kami sangat menunggu komentar, saran, masukan, feedback dari teman-teman tentang reborn-nya Ayo ngeBlog! ini. Silakan posting di komentar, atau kirim lewat form kontak ini yaa.. Makasih banyak :)

95 Responses to “Ayo ngeBlog! Terlahir Kembali!”

  1. 11 July 2011 at 22:52 #

    permisi, salam kenal
    saya dzaki,blogger pemula
    mau minta bannernya ya untuk di blog saya
    terima kasih sebelumnya

  2. 7 September 2011 at 18:58 #

    salam kenal ayongeblog… salam blogger Indonesia :D

  3. 14 September 2011 at 1:00 #

    senang bisa berkunjung kesini :)

    banyak bacaan yang mantab^^

  4. 5 October 2011 at 21:19 #

    mw dunk gabung…..

  5. 7 October 2011 at 10:41 #

    salam kenal, minta bannerx doongh

  6. 18 October 2011 at 8:00 #

    tulisannya sangat bermanfaat sekali,,,,

  7. 21 October 2011 at 13:02 #

    keren,,,visit back yah..

  8. 21 January 2012 at 22:43 #

    Salam kenal aja ya buat semua nih… saya masih baru, harap makum ya..

  9. 23 January 2012 at 16:30 #

    salam kenal smuanya :)

  10. 27 January 2012 at 16:08 #

    keren-keren nih sob
    (PENGETAHUAN PINTARs BLOGWALKING)

  11. yuli
    1 March 2012 at 16:51 #

    haii semuaaaaa

  12. 12 March 2012 at 1:01 #

    Tetep semangat gannn!!!

  13. 14 May 2012 at 11:50 #

    Semangat bro!! mari nge-Blog Ria!!!

    Visit my page:
    terminalhrd.blogspot.com

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Ayo ngeBlog! Terlahir Kembali! -- Topsy.com - 17 May 2010

    [...] This post was mentioned on Twitter by Eka Nugraha and Muhammad Ilman Akbar, Ayo ngeBlog!. Ayo ngeBlog! said: Ayo ngeBlog! Terlahir Kembali!. http://bit.ly/bIxSHs [new blog post] [...]

Leave a Reply to Dzaki