Ikut Lomba Blog Biar Semangat, Tapi Gimana Kalau Tak Pernah Menang?

How's My Blogging By Laughing Squid

How's My Blogging By Laughing Squid

Pada artikel Ayo Ngeblog yang berjudul “Menjawab Fakta Blog Hanya Tren Sesaat” dan “Kompetisi Blog, Sarana Bagus untuk Meningkatkan Semangat ngeBlog Kita! “ dijelaskan bahwa mengikuti lomba blog merupakan salah satu langkah tepat untuk menjaga semangat ngeblog kita. Faktor yang berpengaruh tentu adalah keinginan mendapat hadiah dari lomba tersebut, kalau menang dan dapat hadiah tentu kita akan semakin bersemangat untuk ngeblog bukan? Faktor lain juga bisa sebagai ajang latihan kita untuk ngeblog lebih baik lagi, dengan adanya pihak ketiga yang memilih blog kita sebagai pemenang tentu kita akan tahu sampai dimana kemampuan kita, begitu juga kalau blog kita belum menjadi pemenang, mungkin memang blog kita belum cukup baik jadi kita bisa memperbaikinya.

Seiring dengan perkembangan blog yang cukup pesat (sudah tahu kan jumlah blogger sudah 1 juta?), semakin banyak pula nih lomba blog yang diselenggarakan dengan hadiah yang cukup menggiurkan. Selain blog award yang rutin dilaksanakan Pesta Blogger, beberapa perusahaan besar juga mulai mengadakan lomba blog, tentu ini jadi hubungan yang mutualisme untuk kedua pihak, blogger punya kesempatan dapat hadiah dan perusahaan punya kesempatan untuk promosi sekaligus mendengarkan suara konsumen yang diwakili oleh para blogger.

Nah dari sekian banyak lomba blog yang ada, anda sudah ikut berapa kali nih? Kemudian, berapa lomba yang sudah dimenangkan? Kalau sudah pernah menang (posisi pemenang berapapun itu) selamat ya, pastinya mulai sekarang semangat ngeblog ya? Tapi bagaimana kalau belum pernah menang? Tenang saja teman-teman, jangan patah semangat. Kali ini saya akan coba bagikan beberapa hal yang mungkin bisa membantu. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya di beberapa lomba ada beberapa poinyang patut kita perhatikan kalau ingin meraih kemenangan dalam lomba blog, berikut ini poin-poinnya :

1.Cermati Bentuk Lomba

Sampai saat ini setahu saya ada beberapa bentuk lomba blog yang kadang dalam beberapa even disebut juga kontes. Ada yang bentuknya kontes SEO, ada yang bentuknya lomba blog dengan mensyaratkan peserta membuat artikel bertema tertentu, ada juga lomba yang tidak berdasar pada SEO dan artikel tapi justru menilai blog secara keseluruhan. Kenapa anda harus mencermati ini? Karena ini akan berhubungan dengan konten blog dan anda sendiri sebagai bloggernya. Apakah anda sudah paham atau mahir SEO? Apakah anda menguasai tema artikel yang disyaratkan atau anda cukup tahu dimana mencari referensi dan data seputar tema? Apakah anda sudah ngeblog secara konsisten dan punya visitor loyalty yang tinggi (ini biasanya berhubungan dengan jenis lomba terakhir)?

2.Patuhi Syarat dan Ketentuan

Untuk yang satu ini jelas sifatnya mutlak. Lomba blog ini biasanya punya syarat dan ketentuan yang detail dan kompleks dan anda juga harus mencermati ini. Beberapa poin dari syarat dan ketentuan lomba yang biasanya ada dan patut dicermati antara lain jumlah minimal postingan yang ada dalam blog (biasanya 15-20 postingan), kewajiban memasang banner lomba dan keyword yang harus dicantumkan. Kalau yang lainnya syarat umum yang mungkin juga ada di lomba menulis biasa. Cermati dan patuhi maka paling tidak anda sudah lolos penjurian tahap pertama (biasanya tahap pertama adalah administrasi yang berhubungan dengan kepatuhan peserta terhadap syarat dan ketentuan).

3.Kesesuaian Tema

Meskipun poin ini sudah jelas, tapi poin ini juga penting dan sifatnya sama dengan poin kedua, kalau panitia meminta anda membuat artikel tentang sumbangan blog untuk pendidikan misalnya ya buatlah artikel tentang itu jangan sedikit pun melenceng dari tema. Karena meskipun artikel anda bagus bahkan mungkin sangat bagus sia-sia kalau tidak sesuai tema karena tidak akan dimenangkan. Pak Jonru seorang pakar dunia penulisan pernah bercerita pengalamannya yang unik ketika menjadi juri lomba blogfam tentang hal ini.

4.Membaca, Menulis dan Berdiskusi

Poin ini sering kali diucapkan oleh Kang Ibnu kontributor Ayo Ngeblog, dan memang benar ngeblog memang tidak jauh dari ketiga kegiatan ini. Semakin banyak anda memperbanyak kegiatan ini anda akan punya semakin banyak referensi dan bahkan mungkin trik jitu dari blogger-blogger lain. Dalam bahasa sederhananya : Terus Belajar!

5.Amati dan Pahami Pihak Penyelenggara

Ada baiknya ini anda lakukan, meski bukan yang terpenting namun patut dilakukan untuk menghindari kerugian bagi anda sebagai peserta, dengan syarat dan ketentuan yang biasanya cukup rumit ketika anda sudah capek-capek mengikuti ketentuannya ternyata ada hal-hal teknis atau janji panitia yang tidak ditepati tentu sebagai peserta anda kecewa bukan? Kalau anda sudah merasa yakin dengan pihak penyelenggara dengan mengamati syarat yang ditentukan (masuk akal atau tidak), kemudian apakah sebanding dengan hadiah yang ditawarkan maka anda bisa memutuskan ikut atau tidak. Baru-baru ini para blogger mendapat pengalaman yang kurang baik dari sebuah kontes blog, padahal pihak penyelenggaranya tergolong besar namun hal-hal yang tidak sesuai pengumuman di awal membuat banyak blogger kecewa, nah anda tentu tidak ingin hal ini terulang bukan?

6.Ikut Lomba Menulis

Seperti yang sudah diuraikan di poin 4, ngeblog itu erat dengan kegiatan-salah satunya-menulis. Karena itulah tidak ada salahnya anda ikut lomba menulis biasa juga, ini juga bisa dijadikan ajang latihan. Suatu keberhasilan berasal dari latihan dan perbaikan kesalahan kita sebelumnya bukan?

Poin 1,2 dan 3 lebih berhubungan teknis mengikuti lomba sementara poin 4,5 dan 6 bisa dijadikan tips untuk anda sukses mengikuti lomba-lomba blog. Tidak ada jaminan 100 % karena memang ini semua tergantung diri anda sendiri, jangan pernah patah semangat dan terus belajar serta berusaha. Namun semoga 6 poin di atas bisa membantu ya :) . Memang sih tidak semua blogger itu suka ikut lomba, tergantung motivasi ngeblognya juga tapi kalau anda memang blogger yang suka ikut lomba ikuti terus info-info lomba blognya di sini atau di grupnya Ayo Ngeblog. Happy Blogging! :D

7 Responses to “Ikut Lomba Blog Biar Semangat, Tapi Gimana Kalau Tak Pernah Menang?”

  1. 6 February 2010 at 12:13 #

    wah makasih baget info tentantang ikut lomba agar semangat ngeblog, bagi saya yg nebie,, makasih ya mas,, membuat saya tambah sengat,,

  2. 7 February 2010 at 14:21 #

    Kalah menang no.2 yang penting kan usahanya. :D tapi setelah usaha dan doa telah dilancarkan. trus kita menang(walau juara buncit sekalipun). wuuuiih, bangga dan senengnya ga ketulungan. btw, nice tips gan.

  3. 8 February 2010 at 14:44 #

    saya termasuk orang yg suka ikutan lomba blog. Udah menang beberapa kali, tapi lebih banyak kalahnya sih… :D Sekarang saya udah malas ikutan yang namanya kontes seo, lebih senang ikutan kontes review.

  4. 12 February 2010 at 8:26 #

    salam blogger

  5. 21 March 2010 at 21:59 #

    LOMBA BLOG PAJAK 2010 BY STAN
    Ikutilah lomba blog pajak pertama dan terbesar yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Pajak – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
    Biaya pendaftaran Rp. 50.000, dengan hadiah utama Rp. 2.000.000.
    Pendaftaran bisa dengan mengunjungi url berikut: http://pajak-stan.com/registrasi-blog-competition/
    Informasi lebih lengkap silakan buka url berikut: http://pajak-stan.com/tax-paradise-2010/blog-competition/

  6. 17 July 2010 at 18:31 #

    Wahhh.. bener banget nih Mas…
    saya pernah beberapa kali lomba blog, tapi kagak pernah menang :(

  7. 19 October 2010 at 16:47 #

    Mantab mas semoga sukses kontesnya
    saya juga mau ngundang mas untuk ikut blog kontes,
    hadiahnya lumayan Uang tunai jutaan rupiah dengan total 60 juta untuk 30 blogger yang bruntung, ayo ikut serta mas klik http://academiablogcompetition.com/kompetisiblog.html :)

Leave a Comment