BlackBerry, Blog, dan Bisnis

blackberry Tahun 2009 memang tahunnya BlackBerry. Banyak orang yang berpaling dan membeli telpon pintar itu. Bahkan beberapa ponsel yang tidak sepintar BlackBerry terkena cipratan rejeki karena dibuat mirip. Apalagi diiklankan bisa mengakses facebook, twitter, dan sebagainya. Padahal hal-hal itu sudah bisa dilakukan ponsel yang sudah ada dari dulu, selama sudah punya fasilitas GPRS dan punya browser.

BlackBerry awalnya dikembangkan untuk bisnis. Fitur email dan messagingnya memudahkan penggunanya untuk selalu update di mana saja. Kemudian kelompok 2.0 menemukan bahwa mereka bisa menggunakannya untuk update status jaringan sosialnya. Mungkin, mayoritas pengguna BlackBerry lebih banyak menggunakannya untuk keperluan itu daripada bisnis.

Mengupdate status memang menyenangkan. Tapi apakah itu punya pengaruh ke bisnis AKA menghasilkan uang? Bisa ya, bisa tidak. Kalau kita artis yang harus selalu update agar tidak dilupakan fans, mungkin kita harus selalu update status. Mungkin kita juga bisa menggunakannya untuk membuat jaringan bisnis. Tapi kalau mau jujur, hal ini langka. Kalau kita mr/miss update yang selalu mengupdate status seperti: ‘wah, jalanan macet pagi ini :( ‘ lalu 5 menit lagi lanjut ‘duhhh… ternyata ada truk mogok’. Sampai akhirnya ‘alhamdulillah, gak telat sampai kantor…kurang 5 menit lagi ;) ’. Saya tidak bilang itu jelek. Tapi ada gunanya untuk membentuk jaringan bisnis? Saya rasa tidak.

Blog kebalikan dari BlackBerry. Awalnya dibuat untuk web log, atau catatan online. Namun banyak yang kemudian memanfaatkannya sebagai CMS website. Isinya? Bisa apa saja. Mulai dari diary online, knowledge sharing, sampai memasarkan produk. Yang ingin saya tekankan di sini: blog anda untuk apa?

Ada orang yang menulis di blog karena memang suka. Karena yang ditulis memang berguna (atau menarik), akhirnya membuat peluang baru untuk empunya blog. Mulai dari yang paling sederhana, memasang iklan, sampai tawaran bisnis. Mulai dari nulis buku sampai jadi artis. Mereka yang merasakan keuntungannya mulai menseriusi blognya. Tapi banyak juga yang berhenti di tengah jalan karena merasa jenuh, blognya gak kemana-mana. Padahal blognya sudah populer, dikunjungi banyak orang, menghabiskan banyak waktu. Tapi toh hasilnya tidak seberapa. Popularitas blog memang tidak selalu berbanding lurus dengan penghasilan blog. Blog yang dikunjungi 500rb unique visitor, mungkin cuma menghasilkan US$ 1000 perbulan. Tapi saya juga pernah menemukan blog yang bisa menghasilkan uang yang sama dari 500an pengunjung saja sehari. Logikanya, kalau punya traffic 1000x lebih besar, harusnya incomenya juga 1000x lebih besar dong! Gak juga ternyata.

Apa yang membedakan keduanya? Blog yang terakhir memang dibuat sebagai blog bisnis. Saya mempelajari bahwa monetize blog itu tidak sesederhana yang sering dibahas orang. Banyak buku ‘nyari duit online’ atau tips dari blogger yang bilang cukup nyari peringkat tinggi di Google, nyari visitor yang banyak, lalu pasang AdSense. Nonsense. Kalau kita ingin serius mencari uang dari blog, maka kita harus memperlakukannya sebagai bisnis. Kita harus punya planning, kalau perlu bussines plan sampai ke sales funnel. Mulai dari content, layout, SEO, produk, affiliasi, dan sebagainya. Kalau memang untuk senang-senang dan memasang iklan sebagai tambahan untuk bayar hosting+domain, itu lain cerita. Tinggal pasang layanan PPC, dan gak perlu diurus. PPC memang paling gampang, tapi nilainya juga paling kecil.

Saya tidak bermaksud menulis ini untuk membuat teman-teman patah semangat dan batal ngeblog. Sebaliknya, kalau teman-teman mulai ngeblog karena dengar gosip nyari uang dari blog itu gampang, itu memang cuma gosip. Dalam hitungan minggu atau bulan, blog yang mulai dengan motivasi seperti ini biasanya sudah patah arang. Sama seperti di dunia nyata, gak ada cara nyari uang yang gampang. Butuh kerja keras.

Banyak alasan lain untuk ngeblog. Dan rata-rata blogger yang mulai dengan alasan lain itu punya dedikasi tinggi ketimbang blogger yang mulai karena ingin dapat uang ‘panas’. Saya berharap, teman-teman mulai ngeblog dengan alasan itu. Kalaupun ingin punya blog untuk mencari uang, sudah siap memperlakukannya sebagai bisnis dan mau bekerja keras.

18 Responses to “BlackBerry, Blog, dan Bisnis”

  1. 19 January 2010 at 11:52 #

    Pertamax ah ??
    Aman ga ni kang pertamaxnya

  2. 22 January 2010 at 11:31 #

    iya siii, aku masih nunggu doorprize nih biar bisa ngeblog pake bb haha

  3. 25 January 2010 at 15:38 #

    terima kasih infonya

  4. 26 January 2010 at 8:31 #

    Yang penting orientasinya, kalau dari awal ngeblog hanya untuk dapet uang, biasanya tidak akan berlanjut.

  5. 26 January 2010 at 12:49 #

    Sip-sip artikel ini bisa mengetuk hati saya memang sih aku dulu ngeblog hanya tergiur satu ucapan “ngeblog dapet duit” tetapi itu semua tidak sekedar ngeblog tapi kita harus mengotimalkan conten, seo dengan tujuan mencari travik dan itu semua butuh pengorbanan seperti waktu dan materi

  6. 26 January 2010 at 16:16 #

    Halo mas Edo,

    saya sangat senang membaca artikel ini karena isinya sesuai dengan filosofi saya membentuk blog juga :)

    Terlalu banyak gembar gembor uang panas dengan nama “internet marketing” di seluruh dunia dan sayangnya karena kemudahan yang ditawarkan oleh CMS yang tersedia, platform-platform itupun menjadi “korban” yang dibawa-bawa dalam promosi duit cepat tersebut.

    Good entry, mas Edo

  7. 27 January 2010 at 9:12 #

    @Adnan Mungkin juga. Tapi kalau dari awal sudah diniatkan untuk cari uang dan persiapannya juga matang, saya yakin bisa sukses.
    @Bambangxp Blog tidak hanya soal popularitas lho :) Ada teknik marketing, pengaitan dengan produk (affiliasi atau produk sendiri), dsb. Traffic dan popularitas hanya sebagai branding dan marketing tool. Kalau kita tidak bisa mengaitkannya dengan sales, gak ada gunanya :)
    @Pandu Betul :) Saya senang kalau tulisan ini bisa memberikan wacana baru bagi rekan-rekan yang lain.

  8. 4 February 2010 at 16:46 #

    ngeblog tuh cuma buat buang unek-unek doang. cari duit tar aja deh. kalo dah rejeki ga akan kemana. hehehe…

  9. 18 March 2010 at 15:19 #

    wach…bagus2 mas…artikelna..
    liat2 ach….

  10. 18 March 2010 at 19:52 #

    sekarang ngblog pun bs jd ajang bisnis…
    dl emng awalny cm mrupakan catatan2 doang
    maju blogger Indonesia

    kunjungi blog tugas kuliahq
    http://theinformationretrieval.wordpress.com
    mohon bantuannya rekan2 sekalian…
    sekedar buka, baca n comment jg boleh…
    hehehe

  11. 3 April 2010 at 20:07 #

    geblog sharing info n sekaligus pesan iklan!!!

  12. infobisnisanda
    3 April 2010 at 21:11 #

    Memang cari uang di internet tidak mudah. Tidak seperti teori2 yang diajarkan di ebook2 yang beredar di internet,perlu kerja keras dan kerja cerdas serta kegiatan promosi yang dilakukan secara terus-menerus dan terstruktur. Btw, yang penting semangat harus selalu dijaga agar tidak kendor. Oke- Salam Ngeblog!

  13. 24 April 2010 at 8:13 #

    Saat euforia kegandrungan orang terhadap BB di tahun 2009, saya justru memutuskan untuk tidak beli BB. Mengapa? Ponsel saya kala itu sudah lebih dari cukup disebut sebagai ponsel pintar, tak kalah dan sudah secerdas Blackberry.

    Kini, tahun 2010 setelah tahu manfaat besar BB dalam mendukung aktifitas pekerjaan saya yang mobile, saya justru berubah, akhirnya saya memutuskan menggunakan BB, yang mana kini sudah menjadi ponsel yang sudah sangat pasaran sekali, tidak eksklusif seperti dulu lagi.

    Dan untuk kasus ngeblog, saya setuju perlu tujuan jelas dan passion yang kuat. Bukan hanya sekedar pingin kaya dari internet lewat blog seperti lari cepat tapi ngeblog perlu arah yang jelas. Tidak ada yang instant termasuk berbisnis online lewat blog. Semua butuh perjuangan keras.

  14. 16 May 2010 at 22:01 #

    setuju dgn pendapatnya, mmg tdk semudah itu mencari duit dari ngeblog. Butuh kmauan keras dan belajar juga tetap komit.
    byk yg mundur begt sulitnya tyt. tapi… ada jg yg behasil.
    maka sma tergantung kita mau pilih yg mana.

  15. 11 August 2010 at 20:32 #

    blognya saya suka sekali. isinya inspiratif dan membangun banget.
    berbobot n gak bertele-tele
    thumps up buat blognya ^___^

    lam kenal yah

  16. 19 October 2010 at 0:47 #

    kayaknya emang lebih nyaman kalo kita bisa ngeblog dengan hati.

    makasih masukannya…

  17. 15 January 2011 at 23:34 #

    For me, Black Berry is the best thing ever. I couldn’t live without it beside me.

  18. 11 March 2011 at 23:26 #

    mungkin buat bisnis cocok blackberry . tp saat ini malah aga annoying kalo blackberry pribadi dicampur dengan bisnis ..

Leave a Reply to Gus IKHWAN