Menjawab Fakta Blog Hanya Tren Sesaat

Jangan Semangat Ngeblog Kita Layu

Jangan Sampai Semangat Ngeblog Kita Layu (toya.blogmas.com)

Sebelum anda membaca tulisan ini lebih lanjut, coba baca dulu artikel dari Pak Nukman Luthfie berikut ini. Sudah? Kalau sudah anda baca artikel tersebut anda bisa melanjutkan membaca tulisan ini, yap karena apa yang akan saya tulis kali ini ada kaitannya dengan artikel tersebut.

Mungkin sudah menjadi rahasia umum di antara kita para blogger bahwa kondisi blogosphere saat ini tidak semeriah dulu, blog yang sekitar dua tahun lalu menjadi fenomena luar biasa kini makin tergeser dengan kehadiran layanan jejaring sosial atau microblogging seperti facebook, twitter dan plurk. Pesta Blogger memang masih ada, namun indikasi blogosphere yang semakin lesu karena kehadiran layanan di atas juga kelihatannya makin nyata.

Artikel Pak Nukman Luthfie tersebut juga membeberkan fakta bahwa blog memang hanya tren sesaat, perhatikan saja statistik kunjungan ke beberapa layanan blog seperti wordpress, blogspot, kompasiana, blogdetik dan dagdigdug yang semakin menurun. Hemmm, anda pesimis dengan blog? Silahkan putuskan sendiri ya :) .

Sebagai blogger baru (2007 sudah punya blog, tapi diseriusi baru awal 2009 ini), jujur saya tidak merasakan euforia blog yang masih di puncak popularitas bahkan ketika blog sekarang kabarnya semakin sepi-sepi saja, entah karena saya yang masih baru jadi masih belum mengerti apa-apa atau karena masih punya semangat ngeblog yang tinggi :) .

Sampai sini, apa teman-teman merasa saya mengajak anda pesimistis? Saya harap tidak. Nah, mari kita perhatikan fakta-fakta berikut : ketika televisi pertama kali muncul, banyak dugaan radio akan segera ditinggalkan, namun kenyataannya sekarang radio masih punya audien setia bukan? Bahkan radio-radio baru juga masih bermunculan. Ketika facebook populer, apakah friendster yang sebelumnya juga sangat populer menghilang dari dunia maya? Tidak bukan?

Dari fakta-fakta di atas patut disadari bahwa kehadiran media baru belum tentu menghilangkan media sebelumnya, mereka tetap punya audien tersendiri. Meskipun ada media elektronik, kita juga masih butuh media cetak. Meskipun ada email kita masih butuh surat lewat pos. Begitu pula meskipun ada jejaring sosial dan microblogging, kita seharusnya juga masih butuh blog. Kalau semangat ngeblog kita selama ini turun dan kita seolah-olah menyalahkan kondisi blogosphere yang lesu, tidakkah kita lupa kita sendiri kok yang meninggalkan blog kita? Bermain-main dengan facebook, twitter dan plurk.

Semestinya kalau kita memang mencintai blog, justru kita yang harus beradaptasi dengan kondisi blogosphere yang tak lagi seperti dulu. Blog jangan lagi dijadikan sekedar diary online, mari kita buat konten-konten berkualitas dan bermanfaat bagi audien blog kita. Kalau hanya sekedar bergaul dan bersosialisasi memang kita membutuhkan facebook, twitter dan plurk tapi kalau berbagi wawasan, menciptakan personal branding, meningkatkan semangat literasi kita, menulis sesuai kompetensi kita apakah ketiganya bisa? Blog yang bisa teman-teman.

Beberapa poin di bawah ini bisa membantu anda memulai, mengembalikan atau mempertahankan semangat ngeblog anda :

1.Kenali lagi motivasi dan tujuan ngeblog anda

Sekedar jurnal pribadi? Mencari uang? Membangun kerjasama? evaluasi lagi motivasi anda tersebut, sudah sampai mana itu tercapai? Kalau belum, segera melangkah menuju tujuan anda tersebut.

2.Komunitas Blogger

Poin ini berkaitan erat dengan poin pertama, kalau anda ingin positif tentu harus bergaul dengan orang-orang yang positif pula bukan? Inilah yang bisa anda dapatkan di komunitas blogger, kalau anda punya beberapa teman yang bisa saling membantu meningkatkan semangat ngeblog bagus bukan? Apa lagi di komunitas blogger tersebut tentu ada yang blogger senior, sehingga anda bisa banyak belajar dari mereka. Segera cari dan bergabung dengan mereka, daftarnya bisa dilihat di sini. Oh ya jangan lupa untuk bergabung di komunitas Ayo nge-Blog! Di facebook ya.

3.Mengikuti Lomba Blog

Ini adalah cara yang cukup jitu untuk meningkatkan kembali motivasi ngeblog anda, hadiah yang menggiurkan tentu akan menjadikan kita semangat ngeblog, kebetulan sekali sekarang ini banyak sekali lomba blog, kalau ingin tahu infonya, gabung aja di grup Ayo ngeBlog!

4.Berkreasi dengan blog anda

Kalau sudah semangat ngeblog, jangan terpaku pada kegiatan ngeblog yang itu-itu saja, manfaatkan layanan jejaring sosial dan microblogging untuk promosi, menyajikan konten yang lebih berkualitas dan bermanfaat.

5.Blog tidak mati, euforianya yang berkurang

Seperti yang saya ungkapkan di atas, blog tidak mati meski ada kehadiran microblogging dan jejaring sosial, euforianya saja yang berkurang. Mungkin saja pada tahun-tahun mendatang jumlah peserta blogger tidak sebanyak tahun ini yang mencapai 1378 orang, namun dari situ akan muncul blogger-blogger yang serius, berkualitas dan punya otoritas tersendiri. Selama internet masih ada selama itu blog juga akan tetap ada.

Tulisan ini bukan bermaksud membantah fakta blog yang tren sesaat, namun merupakan ajakan agar kita jangan patah semangat dan beradaptasi dengan keadaan, blog bisa menjadi media yang fungsinya jauh lebih optimal. Pencapaian blog yang optimal fungsinya tentu tidak akan bisa dicapai kalau bukan kita para blogger yang melakukannya bukan? Tetap semangat ngeblog!

19 Responses to “Menjawab Fakta Blog Hanya Tren Sesaat”

  1. 4 November 2009 at 9:13 #

    2007-2009 tuh ibaratnya kaya saringan ya, mana blogger yang ‘lolos’ saringan, mana yang nggak..

    dan 2009 itu sepertinya jadi titik balik blogger2 buat ‘insaf’.. sejak PB 2009 kemarin soalnya juga cukup banyak keluar becandaan tentang ajakan ‘insaf’ buat ngeblog lagi, hehe..

    dan alhamdulillah saya termasuk yang insaf :D

    • 4 November 2009 at 10:53 #

      Alhamdulillah, ayo tetep semangat ngeblog! :)

  2. 4 November 2009 at 14:06 #

    Sampai saat ini (sudah setahunan ngeblog), saya masih sangat mencintai aktivitas sebagai blogger. Maklum, saya menjadikan blog sebagai sarana mengasah kemampuan menulis dan juga aktualisasi diri saya.

    Saya kurang tertarik gabung di FB maupun twiiter. Bagi saya, blog lebih menarik dan bisa membuat saya bebas berkreasi dan menulis. Pada akhirnya, blogger yang benar-benar mencintai aktivitas menulis dan berbagilah yang akan tetap bertahan :D

  3. 5 November 2009 at 9:05 #

    Skrg saya malah punya 5 blog :D nambah terusss…
    Meski yg fokus cuma di 2 blog sih… hehehe…
    Salah satu cara biar tetap semangat ngeblog, cari tujuan kita ngeblog dan tetapkan target. Jangan muluk-muluk dulu. Dan setelah target tercapai, tetapkan target baru… Begitu seterusnya…

  4. 6 November 2009 at 6:30 #

    semangat ngeblog….

  5. 8 November 2009 at 1:06 #

    alham dulilah, meski makin sepi orang yang ngeblog, tetep aye eksis di blog…

  6. 9 November 2009 at 19:18 #

    Saya juga mulai bersemangat untuk ngeblog lagi setelah sebelumnya terlena dengan microblogging.
    Mari kita bangkit bersama!

    neh blog tentang motivasi saya ngeblog lagi: http://bloglodak.com/2009/11/spirit-ngeblog/

  7. 10 November 2009 at 9:54 #

    @ iskandaria : yap seperti kata ilman di atas, masa2 ini adalah masa saringan blogger yang serius
    @ edo : wah banyak juga, sukses ya mas. hem bener juga tuh tentukan target bertahap
    @ areep : sipp, terus eksis ya
    @ ihwan : mari bangkit para blogger! :)

  8. 10 November 2009 at 10:16 #

    Mungkin ini bisa jadi motivasi :)
    Jangan langsung membayangkan bakal jadi blogger tenar atau blogger berpenghasilan gede dulu ya…
    http://www.alexshalman.com/2009/11/04/stop-talking-start-doing/

  9. 14 November 2009 at 1:58 #

    kalo menurut saya jstru malah sebaliknya bahwa jejaring sosial yang ada saat ini malah akan mengalami penurunan dna blog yang malah tetap stabil..kita lihat sejak era multiply yg kemudian diganti dgn friendster,lalu facebook,dan yg terakhir adalah twitter..selama pergantian trend jejaring sosial itu,konsistensi blogger malah terlihat nyata hingga saat ini mengingat bagaimanapun juga sebuah blog memiliki peran berbeda dgn jejaring sosial..kalo jejaring sosial lebih untuk meningkatkan networking atau keadaaan teman-teman kita..namun kalo blog bisa menjadi wadah yang lebih luas untuk individu berekspresi,berwacana,dan berpendapat..kalo saya tetap pilih ngeblog daripada facebook..he..he..
    THINK OUT OF THE BOX

  10. 15 November 2009 at 22:20 #

    iya memang menurun saya lebih senang bisnis online

  11. 20 November 2009 at 0:53 #

    Saya sendiri masih senang menulis di blog, kalau Facebook dengan twitter jarang tersentuh, tidak semenarik blog menurut saya.

  12. 29 November 2009 at 16:17 #

    Saya sependapat dengan kalimat ini, blog bisa untuk berbagi wawasan, menciptakan personal branding, meningkatkan semangat literasi kita, menulis sesuai kompetensi kita.
    Selama kita masih haus dengan informasi, suka membaca, suka sharing dan berdiskusi maka blog tetap perlu dan dibutuhkan oleh siapapun.
    Microblogging tidak bisa mengakomodir keinginan seperti tersebut diatas jadi analogi TV berdampingan dengan Radio sepertinya juga berlaku disini

  13. 8 December 2009 at 12:04 #

    sayang sekali yah kalo ngeblog dijadikan trend sesat.. eh.. sesaat, padahal saya sendiri lagi asik menambah koleksi blog.. hkhkhkhk… ayo donk jangan lesu wahai blogger.. semangat..!!!

  14. 15 January 2010 at 15:03 #

    Makasih sharingnya Mas, jadi inspirasi postingan nih… Semangat ngeblog!

  15. 7 February 2010 at 19:10 #

    tulisan ini cukup menjawab teka-teki di otak saya tentang blog. dan tentu jadi penambah semangat saya yang baru saja memulai blogging ^^

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tetap Nge-Blog di Era Status | Pemula Belajar Linux - 10 November 2009

    [...] hilang karena terlalu lama ber-facebook dan ber-twit ria ?  Entahlah, namun saya pribadi akan tetap semangat, dan “akan tetap nge-blog walaupun berada di Era Status“. Ada beberapa alasan, Pertama [...]

  2. Tetap Nge-Blog di Era Status « Another side of Alsinji.co.cc - 28 November 2009

    [...] hilang karena terlalu lama ber-facebook dan ber-twit ria ?  Entahlah, namun saya pribadi akan tetap semangat, dan “akan tetap nge-blog walaupun berada di Era Status“. Ada beberapa alasan, Pertama [...]

  3. Ikut Lomba Blog Biar Semangat, Tapi Gimana Kalau Tak Pernah Menang? - 5 February 2010

    [...] artikel Ayo Ngeblog yang berjudul “Menjawab Fakta Blog Hanya Tren Sesaat” dan “Kompetisi Blog, Sarana Bagus untuk Meningkatkan Semangat ngeBlog Kita! “ dijelaskan [...]

Leave a Reply to New Bie Oon The Blog