Kucindan dan AntarBlog, “Makhluk” Baru Jagat Blogosphere Indonesia

Dua pekan lalu, saya diperkenalkan lewat email dengan dua “makhluk” baru di jagat blogosphere tanah air. Kedua “makhluk” ini turut serta meramaikan dunia Internet Indonesia umumnya, dan dunia blog khususnya. Yang pertama adalah sebuah Content Management System (CMS), sedangkan yang kedua adalah sebuah website social news.

Yang pertama adalah CMS open source yang bernama Kucindan. CMS ini turut serta meramaikan dunia CMS tanah air, menyusul CMS-CMS lainnya yang sudah ada sebelumnya seperti AuraCMS dan eNdonesia. Bedanya adalah, Kucindan berfokus pada blogging. Mirip dengan WordPress juga sebenernya.. Kucindan ini benar-benar masih baru dan fresh, dan berkembang sangat cepat berkat bantuan komunitas. Saat pertama dikirimi email oleh tim Kucindan, versinya masih 0.1. Namun saat saya cek lagi, versinya sudah menjadi 0.3

Saya sudah iseng-iseng mencoba demonya di link ini. Masih jauh dari sempurna memang, seperti tampilan adminnya yang sangat sederhana. Namun jangan pandang sebelah mata dulu, ini kan masih versi awal, dengan masa depan yang masih sangat panjang. WordPress pun, versi-versi awalnya 5 tahun lalu juga sangat sederhana.

“Makhluk” baru yang kedua adalah website yang bernama AntarBlog.com. Sekilas dilihat, website ini mirip dengan Digg.com di luar negeri, dan Lintas Berita di Indonesia. Yang membedakan, seperti namanya, AntarBlog.com ini memiliki tujuan sebagai tempat sharing target antar blogger, dan untuk menjadi salah satu komunitas blogger lintas batas wilayah di Indonesia.

Walaupun sudah ada website yang mirip, tidak ada salahnya kita ikut mencoba menggunakan AntarBlog.com. Setidaknya bisa untuk meningkatkan traffic website sendiri, atau bisa untuk memudahkan kita dalam blogwalking.

Jadi, mari yuk kita ucapkan selamat datang untuk Kucindan dan AntarBlog.com yang telah meramaikan blogosphere Indonesia..

Ayo ngeBlog!

9 Responses to “Kucindan dan AntarBlog, “Makhluk” Baru Jagat Blogosphere Indonesia”

  1. 22 July 2009 at 10:52 #

    Wah, akhirnya warga negara indonesia membuat blogware juga! :D

    Pertanyaan emasnya: Apa yang membuat kami (blogger2) harus beralih dari blogware yang ada sekarang ke Kucindan?

    Btw, namanya antik juga y: Kucindan. berasal dari apa itu? :P

  2. 22 July 2009 at 11:08 #

    Terimakasih buat mas admin yang sudah memberikan review dan masukkannya..

    berkunjung jg y teman-teman ke mesin pencari mp3 di http://musik.antarblog.com/

    Pelan-pelan tapi pasti, blogger indonesia bisa terus maju dan berkembang..

    sukses slalu blogger indonesia…

  3. 22 July 2009 at 22:17 #

    bisa di sosialisasikan di pesta blogger nanti :D

  4. 23 July 2009 at 9:01 #

    Semakin menarik aja. Ayo Ngeblog, Ayo Ngoment Juga!

  5. 23 July 2009 at 11:47 #

    Dunia blogging emang gak ada matinya. Selalu saja ada yang baru. Mau coba dulu ahh… kalo belum coba belum bisa membandingkan mana yang lebih baik. Layanan yang ditawarkan pada umumnya sama dengan yang lain, namun salah satu keuntungan yang luar biasa menurut saya pribadi adalah network yang semakin luas. Blogging tidak sekedar pencet tombol post, namun lebih dari itu blogger juga perlu bersosialisasi untuk merealisasikan eksistensinya di kancah blogsphere nasioanl.

    Maju terus Blogger Indonesia.

  6. 3 August 2009 at 6:30 #

    makasi infonya bro…
    sangat bermanfaat

  7. 3 August 2009 at 11:13 #

    wah .. makin banyak pilihan buat nge blog

  8. 9 September 2009 at 9:48 #

    wah2… udah pada tambah OK… berkembang sejak pertama kali muncul….

  9. 9 October 2011 at 18:10 #

    There are definitely numerous particulars like that to take into consideration. That may be a great point to carry up. I offer the ideas above as common inspiration but clearly there are questions just like the one you bring up the place an important thing will be working in trustworthy good faith. I don?t know if best practices have emerged around things like that, but I am sure that your job is clearly recognized as a fair game. Each girls and boys feel the impression of just a moment’s pleasure, for the rest of their lives. Replica Christian Dior

Leave a Comment