Bersama dalam Kesederhanaan – Laskar Blogger #1

bersama-dalam-kesederhanaan-laskar-pelangi-blogger.jpg

Udah pada baca novel laskar pelangi belum ? Udah nonton filmnya ? Atau malah udah keduanya ? Hmm.. Aku sih baru baca novelnya doank. Entar deh nunggu VCD nya keluar di rental, baru bisa nonton.

Oh ya, apa yang bisa kalian tangkap dari Laskar Pelangi ? Mungkin kita bisa sepakat, bahwa Andrea Hirata sang penulis mengangkat tema pendidikan dalam kesederhanaan. Mungkin tak bermaksud mengekspos kemiskinan dan kemelaratan di Indonesia, tapi titik fokusnya lebih pada semangat belajar di kala status ekonomi seseorang itu bermasalah.

Apa yang bisa seorang blogger petik dari cerita itu ?

Ya, lagi-lagi kita bicara tentang kesederhanaan. Aku udah pernah membahasnya di blog ini. Ngeblog itu ga’ harus dengan segala perangkat yang mewah-mewah. Laptop terbaru, dual monitor, koneksi internet super laju via fiber optic, atau selalu ngeblog di kedai kopi Starbucks.

Ketika ngeblog dijadikan sangat ekslusif, banyak orang akan malas ngeblog. Karena mereka berpikir kegiatan ngeblog adalah kegiatan yang sangat mahal. Membutuhkan perangkat supermahal dan biaya operasionalnya pun mahal.

Berikut adalah tips-tips biar kegiatan ngeblog kita tetap dalam kesederhanaan :

#1. Manfaatkan komputer teman, sekolah, kampus, ataupun kantor

Ini khusus bagi kamu yang belum punya komputer. Tapi kayaknya hampir setiap pembaca Ayo ngeBlog dah punya komputer kan ? Kalaupun komputer kita rusak, kita bisa memanfaatkan komputer-komputer nganggur yang ada disekitar kita. Entah itu di kantor, kampus, sekolah, atau nebeng komputer temen kita. Gratis tis tis…

#2. Manfaatkan akses internet gratis

Sekarang udah mulai gampang untuk menemukan akses internet gratis di beberapa kota. Cukup membawa laptop kita ke tempat tersebut, trus connect ke internet, dan upload tulisan kita yang udah di buat sebelumnya. Yang ini juga gratis. Kecuali kamu manfaatin internet gratis di kedai / restoran, makanan atau minumannya harus tetep bayar kan ? Hehehe

#3. Jangan lupakan pena dan buku tulismu

Yup, jangan mentang-mentang tulisan kita udah beranjak ke digital, kita melupakan pena dan buku tulis kita. Walaupun terlihat jadul, pena dan kertas masih jadi barang favoritku untuk memulai ngeblog. Biasanya aku akan nulis ide-ide dan garis besar tulisanku di buku agendaku. Nanti ketika udah ketemu komputer, baru deh diketik dan dikembangin lagi.

Mudahkan ? Jadi ngeblog itu ga harus mahal-mahal. Yang penting kita bisa berbagi sesuatu buat orang lain. Oh ya, walaupun pada akhirnya kita akan mengeluarkan duit, hal itu tidak akan pernah sia-sia. Karena jika kita menulis sesuatu yang bermanfaat dan bisa dimanfaatkan oleh orang lain, akan menjadi pahala buat kita. Yakinlah.

Oh ya, gimana kegiatan ngeblogmu ? Termasuk kategori yang sederhana atau mewah ? Ditunggu ceritanya ya..

Ayo ngeBlog !

12 Responses to “Bersama dalam Kesederhanaan – Laskar Blogger #1”

  1. 8 March 2009 at 15:22 #

    setuju mas, mangan gak mangan sing penting NGEBLOG
    he..he..salam

  2. 8 March 2009 at 18:17 #

    Hahaha.. ga juga sih..
    Makan mah tetep no 1. Kalau ga makan kan ga bisa ngeblog..

    Salam balik..

  3. 8 March 2009 at 19:25 #

    Wah, satu lagi ide kreatif kang Ilman…
    Salut dan patut didukung nih…sesuai dengan tema tahun 2009 adalah tahun kreatif.
    Top markotop…Ayo ikutan…!!!

  4. 8 March 2009 at 20:27 #

    aku setuju banget mas… aku ndiri ngeblog baru juga baru – baru ini… tapi aku dah semangat banget ngajakin temen2 satu sekolah ngeblog…

    aku ndiri ngeblog pake wifi … hehe cari yang gratisan gituu..

    saya dukung terus blogger Indonesia

  5. 9 March 2009 at 12:53 #

    kaya ide bagus nich,
    saya belum nonton mas..hiks telat…hehe….
    nonton ah….

  6. 10 March 2009 at 23:14 #

    Sementara aku masih yang # 1, alias korupsi kecil-kecilan he he …

  7. 11 March 2009 at 15:34 #

    wah….. memang menarik untuk diikuti terus neh….

  8. 11 March 2009 at 20:39 #

    setuju, keep bloging for unity

  9. 12 March 2009 at 10:10 #

    Kadang hal yang kita anggap remeh-temeh itu selalu mengundang kesahajaan sekaligus kesederhanaan. Rasanya sahdu bila kita ikut menyuarakan sikap mulia tersebut.

  10. 7 April 2009 at 8:04 #

    Blognya keren banget…salut..salut…pantas dapet blog award nich….keren…

Trackbacks/Pingbacks

  1. Laskar Blogger - Series Post - 8 March 2009

    [...] Bersama dalam Kesederhanaan [...]

Leave a Comment