Blogger Membuat Dunia Jadi Lebih Baik!

Saya tidak tahu persis berapa banyak jumlah blogger di dunia, atau di Indonesia. Entah berapa banyak pula jumlah posting baru yang dibuat seluruh blogger tersebut. Tapi saya yakin banyak. Ratusan ribu posting rasanya jumlah yang masuk akal. Artinya, arus informasi, tutorial, opini dari para blogger ini mengalir sangat deras. Mungkin lebih deras dari media utama online. Dan tentunya lebih deras dari media cetak. Misalnya layanan microblogging Twitter, mengalahkan media utama saat pemberitaan pesawat jatuh. Semakin banyaknya pengguna ponsel dengan koneksi internet memungkinkan anda mengupdate status, mengupload foto, dan membuat posting pendek (atau panjang jika cukup tabah).

Saya gak ingat persis pernah baca di mana. Tapi kecenderungan pengguna internet sekarang juga sudah bergeser. Tidak lagi melulu membaca situs berita dan informasi dari media utama. Tapi juga jejaring sosial, blog, dan microblogging. Membaca status teman di Facebook lebih menarik hati ketimbang membaca berita politikus kena tangkap KPK. Berita baru, tapi basi. Berita teman yang menulis status ‘waktunya untuk nyicil benerin mobil nih.. (kebangetan banyak rusaknya ;p)’ lebih ditunggu. Media cetak yang sudah berguguran, bisa disusul oleh media online karena pangsa pasarnya beralih. Kita tahu mereka hidup dari iklan. Kalau iklannya makin dikit yang lihat, tentu bikin deg-deg plas juga.

Buku juga setali tiga uang. Siapa yang mau mengeluarkan uang untuk membaca beberapa halaman yang dibutuhkan saja? Saya butuh info tutorial WordPress misalnya. Saya beli buku WordPress, dan ternyata hanya beberapa halaman yang saya belum tahu. Untuk apa? Berbagai blog banyak membahas tutorial WordPress. Dari basic sampai advanced. Informasi itu tersedia gratis di internet, oleh para blogger, dan seringkali infonya mengalahkan kualitas tulisan di buku-buku yang tidak gratis.

Kalau bicara market, saya gak bisa ngomong banyak. Setiap orang pasti punya selera yang berbeda dalam memperoleh informasi. Saya sudah meninggalkan berlangganan koran sejak bertahun-tahun yll. Karena datangnya lebih sering saat saya sudah berangkat ke kantor. Membaca koran di sore hari rasanya sudah tidak masuk akal, kecuali gratis. Tapi mungkin masih ada yang membelinya dijalan, membaca di belakang mobil, sementara sang supir berjuang dikemacetan lalu lintas. Ada yang lebih suka mengintip media online di komputer kantor setiap selang waktu tertentu, disela-sela waktu luang, atau melalui RSS. Ada lagi yang membaca berita melalui ponsel. Sebagian masih setia membaca buku untuk belajar, sebagian lainnya belajar sendiri, mengikuti forum, atau mencari tutorial di internet.

Yang pasti, media cetak ataupun online tidak lagi berjalan sendiri. Entah koran, tabloid, atau buku. Mereka sekarang punya pesaing: para blogger. Banyak blogger yang mutu tulisannya di atas media utama. Seorang wartawan senior yang punya kolom sendiri, kalau hanya menulis opini pribadi yang nyinyir dan menyerang pihak tertentu, rasanya tidak lagi relevan. Banyak blogger yang menulis dengan elegan.

Mereka harus mulai memperbaiki kualitas tulisannya, membuat inovasi baru, dan harus menemukan cara untuk menjualnya dengan harga murah. Koran gratis sudah tidak asing lagi. Kalau tidak, siap-siap saja gulung tikar. Yang diuntungkan tentu kita semua. Dapat informasi bermutu dan murah. Kualitas tulisan juga harus lebih baik, tidak sekedar memburu sensasi. Saya berharap kelak televisi juga dapat saingan sepadan seperti media utama vs blogger sekarang. Supaya sinetron dan acara gosip yang tidak bermutu bisa berkurang atau bahkan hilang.

11 Responses to “Blogger Membuat Dunia Jadi Lebih Baik!”

  1. 5 March 2009 at 10:05 #

    Thanks, Edo. menurut saya, boleh tidak diikuti, menjadi blogger itu seperti mendapat “wahyu.” Pasalnya, saya tahu banyak para penulis atau wartawan msm, tetapi tidak tertarik untuk ngeblog. Kenapa ? Boleh jadi semakin seseorang berpengetahuan, semakin sulit dirinya meninggalkan zona nyamannya, sulit untuk berubah.

    Moga tulisanmu ini bisa jadi wake up call bagi mereka. Karena berbeda dengan media berbasis atom/kertas, semakin banyak blogger akan semakin baik bagi kita semua.

  2. 5 March 2009 at 13:13 #

    Kalau menurut saya, blogger itu orang yang punya semangat tinggi untuk berbagi. Bukan masalah dia jago nulis, jago IT, atau jagoan di bidang lainnya. Kalau wartawan mungkin sudah merasa cukup berbagi di tulisannya. Jadi merasa sudah tidak perlu ngeblog.
    Sebetulnya saya juga ingin menyoroti penerbit yang menerbitkan buku tutorial yang sangat dasar atau malah kurang bermutu. Sekarang mereka punya pesaing berat. Harus mulai meningkatkan mutu buku mereka kalau masih ingin eksis. :)

  3. 5 March 2009 at 19:49 #

    Thank you for this article and information. after I read, I get the benefit

    Regard

  4. 6 March 2009 at 15:18 #

    Hai, salam kenal aja yach buat sahabatku yang jauh disana…

  5. 7 March 2009 at 12:54 #

    Semenjak berlangganan artikel ayo ngeblog lewat email byk bgt manfaat yg w dapat terutama dalam dunia tulis menulis dn dunia blog

  6. 8 March 2009 at 9:09 #

    seandainya saja gerakan ngeblog yang telah dilakukan oleh semua orang bisa merata–tidak hanya dikalangan guru, dosen atau mahasiswa mungkin dunia juga akan berubah. Apa yang bisa kita berikan maka akan kita berikan, apa yang bisa kita jual maka akan kita jual. Karakteristik blog kian bervariatif sesuai dengan perkembangan. Tapi apapun yang terjadi saya masih cinta sama blog ini. ayongeblog gak boleh mati.

    btw, headernya gak ada rencana diganti nih? sudah 2009 lho eheheh.

  7. 8 March 2009 at 18:29 #

    Great post mas edo..
    Yup, orang sekarang banyak yg lebih suka berita dari blogger daripada berita dengan bahasa yg kaku gitu. Orang sekarang lebih bisa mengungkapkan pendapatnya tentang sesuatu..

    @antown
    Hehe, sedang diproses penggantian headernya..

  8. 22 March 2009 at 7:58 #

    ayongeblog emang top pisan deh, bagus artikelnya…..jadi inget waktu mau bikinin blog buat istriku,beli buku di gramed …bla-bla-bla dgn wordpress,bla-bla-bla dengan joomla, ternyata cuma beberapa lembar aja yang berguna dan rasanya cuma sekedar translate dari direktori help/tutorial aja…..lucunya yang bikin itu buku juga blogger lo….so please deh untuk blogger yang mau bikin buku, ya bikin buku beneran dong….jangan nambahin sampah di negeri ini, cukup sinetron dan infotainment aja sampah di negeri ini !!!!

  9. 5 April 2009 at 0:50 #

    salam kenal…numpang link hehehe

  10. 24 May 2009 at 18:48 #

    Ngeblog membuat kita tambah bahagia dan percaya diri, menambah semangat untuk membaca dan belajar setiap hari, dan rasa-rasanya waktu luang kita benar-benar bermanfaat, apalagi kalau tulisan kita dibaca dan dikomentari banyak orang. Bahagia sekali rasanya.

    Yang pasti dengan ngeblog semangat belajar menulis bertambah. Semoga dari ngeblog menghasilkan buku-buku baru yang berkualitas. Amin.

Leave a Comment