Kaleidoskop Blogosphere Indonesia 2008

Kalo NavinoT menuliskan bagaimana posisi blog saat ini dan Media Ide menuliskan prediksi tentang blogosphere Indonesia pada tahun 2009, Ayo ngeBlog! mau ngelengkapinnya dengan membuat Kaleidoskop Blogosphere Indonesia 2008. Kaya di-TV-TV, rame-rame bikin kaleidoskop kejadian-kejadian penting selama tahun ini, hehe..

Sebelum berlanjut ke situ, apakah teman-teman bertanya-tanya berapa jumlah blogger Indonesia akhir tahun 2008 ini? Apakah sudah sampai jumlah 1 juta blogger seperti harapan dan resolusi kita bareng2 pada awal tahun 2008 ini?

Dalam salah satu sesi presentasi di acara FreSh: Creative Industry Outlook 2009 yang saya ikuti pada tengah bulan ini, Bang Enda Nasution memberikan prediksinya tentang jumlah blogger Indonesia. Beliau mengatakan bahwa pada Pesta Blogger 2008 yang sudah lewat kemarin, jumlah blog (eh, apa blogger ya?) di Indonesia mencapai 600 ribu. Dan pada tahun depan diperkirakan naik 2 kali lipat menjadi 1,2 juta. Nggak 2 kali setiap 6 bulan, tapi 2 kali setiap tahun. Tidak buruk lah, untuk kondisi Indonesia saat ini.

Jadi, tampaknya cita-cita kita kurang berhasil tercapai nih, karena target 1 juta blogger belum dilampaui.. Tapi tidak masalah kan ya, asalkan kita tetep rajin ngeBlog dan ngajak temen kita buat jadi blogger juga! Karena jadi blogger itu sungguh asyik!

Oke, balik lagi ke Kaleidoskop. Ini dia, Kaleidoskop Blogosphere Indonesia 2008, yang sempet ditangkep oleh Ayo ngeBlog!

Januari 2008. Awal tahun ini belum ada cerita yang menarik dari blogosphere Indonesia. Palingan masih hangat saja sih efek dari Pesta Blogger 2007, kumpul bareng blogger Indonesia pertama yang fenomenal, yang membuat Pemerintah secara resmi menetapkan 27 Oktober 2008 sebagai Hari Blogger Nasional.

Kalo mau yang nggak nyambung dengan blogosphere Indonesia, ya berita wafatnya Pak Harto itu.

Februari 2008. Asyik, selebritis kita mulai pada punya blog buat ngedekatin diri mereka dengan para fans. Ada Dian Sastro dan Maia Ahmad!

Akhir Februari, Roy Suryo bikin sensi blogosphere Indonesia dengan pernyataannya, “Blogger Tukang Tipu!”

Maret 2008. Blog mulai semakin populer diberitakan di dunia nyata. Mulai dari majalah anak-anak sampai tabloid wanita, yang menceritakan kisah selebriti yang ngeBlog.

RUU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) akhirnya disahkan menjadi UU. Dan langsung direspon oleh analisis mas Anggara yang mengatakan bahwa UU ITE adalah ancaman serius bagi blogger Indonesia.

Roy Suryo bikin kesal blogger lagi, dengan menyamakan blogger dengan hacker. Blogosphere Indonesia gonjang-ganjing saat itu menyikapi Roy Suryo.

April 2008. Gonjang-ganjing dengan Roy Suryo mereda setelah Roy Suryo diajak dialog terbuka oleh Mas Riyogarta.

Oh iya, bulan April ini, dunia Internet Indonesia sedang gonjang-ganjing. Karena film Fitna yang dibikin politisi busuk asal Belanda menyebar di berbagai website, Pemerintah meminta penyedia jasa internet memblokir akses masyarakat kepada situs-situs tersebut. Multiply pun kena imbasnya.

Karena masyarakat Indonesia, terutama blogger-nya misah-misuh teriak-teriak karena banyak website bermanfaat yang diblokir, Menkominfo pun mengundang masyarakat IT untuk berdiskusi bersamanya di Kantor Depkominfo.

Dagdigdug.com, salah satu penyedia jasa blog Indonesia, diluncurkan! Dagdigdug melengkapi penyedia jasa blog Indonesia lainnya yang udah ada sebelumnya: BlogDetik, Catatanku, Bedeng, IndoBlogger, Orang Biasa.

Nambah lagi artis yang ngeBlog.

Mei 2008. Film Ayat-Ayat Cinta meledak di pasaran! Loh, apa hubungannya dengan blog? Soalnya itu menginspirasikan Ayat-Ayat Blog The Series :D

Juni 2008. Blog semakin dilirik perusahaan-perusahaan besar untuk membantu menyebarkan brand-nya.

Aktivitas ngeBlog dipopulerkan kembali lewat media konvensional, yaitu Kompas edisi hari Minggu.

Persiapan Pesta Blogger 2008 dimulai, dengan terpilihnya Ndorokakung sebagai ketua panitia, menggantikan bang Enda Nasution tahun lalu.

Juli 2008. Nggak ada yang spesial pada bulan ini.

Agustus 2008. Waduh, saya juga ga mencatat ada yang spesial bulan ini..

September 2008. The BOBs, International Best of Blogs Award, kompetisi blog Internasional yang diselenggarakan oleh Deutsche Welle, dimulai. Ayo ngeBlog alhamdulillah berhasil menjadi finalis, berkat dukungan teman-teman semua. Kelak, Media Ide Bajing Loncat mendapat juara “Best Weblogs Bahasa Indonesia”.

Oktober 2008. Awal bulan, blogosphere Indonesia mendapatkan kabar buruk, bahwa Pesta Blogger 2008 yang sedianya diadakan pada bulan Oktober ini terpaksa diundur. Untunglah, akhir Oktober 2008 Panitia Pesta Blogger melaksanakan konferensi pers yang memastikan Pesta Blogger 2008 diadakan tanggal 22 November 2008.

November 2008. Bulan ini, ada 3 komunitas blogger Indonesia yang berulangtahun pada waktu yang hampir bersamaan.

Pesta Blogger 2008! Ini liputan Ayo ngeBlog dari Pesta Blogger 2008. Di Pesta Blogger 2008 juga diumumkan adanya beasiswa buat blogger, Microsoft Bloggership (note bahwa postingan itu ditulis pada Desember, menjelang deadline pendaftarannya).

Desember 2008. Seorang blogger tersandung masalah karena blog-nya yang menghina orang lain.

Yak, itulah Kaleidoskop Blogosphere Indonesia pada 2008. Ada yang kurang atau kelewat nggak ya? Kalo ada, tolong ditambahin ya, teman-teman..

Selamat Tahun Baru 2009! Tahun 2009 harus jadi tahun yang lebih baik lagi bagi blogger Indonesia. Blog Indonesia secara jumlah harus lebih banyak, dan kualitasnya juga..

Ayo ngeBlog!

26 Responses to “Kaleidoskop Blogosphere Indonesia 2008”

  1. 21 December 2010 at 14:28 #

    hidup bloggger indonesia

  2. 5 August 2011 at 22:06 #

    It’s perfect time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I have read this post and if I could I desire to suggest you few interesting things or suggestions. Maybe you can write next articles referring to this article. I want to read more things about it!

  3. 6 August 2011 at 5:07 #

    I like the helpful info you provide in your articles. I’ll bookmark your weblog and check again here frequently. I’m quite certain I’ll learn a lot of new stuff right here! Best of luck for the next!

  4. 15 August 2011 at 22:44 #

    It’s appropriate time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or advice. Maybe you can write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

Trackbacks/Pingbacks

  1. Prediksi Blogosphere Indonesia 2009 | Bloggingly | a blog about blog, blogging, and blogger - 2 January 2009

    [...] anda dapat menjadi lain dari yang lain. Stand up from the crowd. Berdasarkan apa yang kami baca di ayo ngeblog, saat ini ada kurang lebih 600,000 blog di Indonesia, dan akan berkalilipat dua di tahun 2009 ini. [...]

  2. Catatan-Catatan Dari Hati » Blog Archive » YANG “MELENGKING” DARI BLOGWALKING (26) - 5 January 2009

    [...] 3. Kaleidoskop Blogger Indonesia 2008  [...]

Leave a Comment