Oleh-oleh dari MarkPlus Conference 2009

Postingan ini lanjutan dari postingan sebelumnya, Blog dan New Wave Marketing yang menceritakan bahwa saya mendapat undangan tiket untuk menghadiri MarkPlus Conference 2009, hari Kamis, 11 Desember 2008 yang lalu. Saya akan menceritakan apa saja yang saya lalui di sana, dan tentu saja, insight yang bisa diambil untuk blogosphere Indonesia.

Saya sampai di Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place sekitar 10 menit sebelum acara dimulai pada pukul 9 pagi. Acara dibuka dengan penampilan Syaharani yang membawakan official theme song dari MarkPlus Conference 2009 ini. Kemudian ada presentasi pencerahan dari Pak Hermawan Kartajaya yang berjudul Marketing in Indonesia 2009 – Riding the New Wave: Are You Ready to Take-Off?

Inti dari presentasi itu adalah di tahun 2009, ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam dunia marketing. Hal-hal tersebut yaitu pertama, resesi ekonomi global, yang kita sudah tahu sama tahu, membuat daya beli menurun, meningkatkan biaya produksi, dan hasilnya, memangkas biaya iklan dan pemasaran bagi perusahaan.

Kedua, adanya integrasi ASEAN, sehingga zona perdagangan bebas pun terbuka. Pangsa pasar yang jumlahnya sangat besar pun tumbuh, tapi dengan tingkat persaingan yang tinggi.

Ketiga, di tahun 2009 nanti akan ada Pemilu. Pak Hermawan bilang, kita nggak perlu khawatir terjadi kerusuhan atau apapun yang mengganggu keamanan, karena masyarakat Indonesia udah dewasa. Contohnya lihat aja di Pilkada Jatim atau pasca eksekusi Amrozi dkk. Alih-alih, Pemilu membuat perputaran uang yang jumlahnya bisa milyar2an itu menjadi rata kepada masyarakat.

Intinya, pada presentasi itu, Pak Hermawan mengajak kita untuk optimis menghadapi tahun 2009. Dan karena tiga hal itulah, perusahaan harus mulai masuk ke konsep new wave marketing.

Lanjut lagi, abis itu ada presentasi singkat (ga sampe 15 menit) tapi sangat berkesan dari Mr. Ron Kaufman dari Up Your Service, dilanjutin pengumuman pemenang Enjoy Jakarta Student Competition Award.

Setelah coffee break, acara berikutnya tuh New Wave Breakout Session. Saya yang berencana ikut sesi Integrating Off-line & On-line Community harus gigit jari, karena tempat session-nya luber dan membludak, yang berdiri banyak banget! Karena agak telat dikit masuknya, jadinya saya nggak bisa masuk. Akhirnya pindahlah saya di sesi Loyalty Through Wireless Interactivity. Salah satu hasil dari session ini saya terapkan di Ayo ngeBlog! sekarang. Apa itu? Keep reading ;-)

Lalu saya sholat dzuhur kemudian makan siang dengan mengantri cukup panjang sebelumnya..

Session berikutnya yang saya ikuti adalah New Marketing Technologies. Topiknya sangat menarik, yaitu bagaimana teknologi internet bisa dipake untuk melakukan pemasaran. Tapi sayang, Pak Husin Wijaya yang membawakan topik ini terlalu bersemangat bercerita, hingga lebih dari separuh slide materi tidak bisa disampaikan maksimal. Tapi slidenya bisa dibaca sendiri kok.

Lanjut lagi, session berikutnya saya masuk di Youth Marketing, berhubung saya masih muda, hehe. Sesi ini membahas bagaimana Toyota Yaris dan Kentucky Friend Chicken bisa menancapkan brand image-nya di kalangan anak muda. Tepatnya, Toyota mencoba masuk ke pasar anak muda lewat mobil Yarisnya, dan KFC mencoba menyegarkan brand-nya karena selama ini KFC lebih dikenal sebagai restorannya keluarga dan orang tua. Kalo boleh jujur, sesi ini bener2 session of the day! Pak Fabian Gelael bener-bener bisa membawa suasana jadi sangat meriah dengan tingkahnya yang kocak, tapi tetep ada ilmu yang bisa diambil.

Oh iya, slide-slide presentasi bisa dilihat di Presentation Materials di sini. Tapi belum lengkap sih, ada beberapa materi yang slidenya belum ada. Jadi seperti pesan di halaman itu, silakan kembali ke halaman tersebutuntuk mendapatkan slide terapdet.

Sesi berikutnya lagi adalah Indonesia Market Outlook, yaitu bagaimana kondisi pasar Indonesia di tahun 2009 dari sudut pandang asosiasi-asosiasi industri, seperti dari industri perumahan, otomotif, perbankan, dsb. Sebagian besar industri yang optimis dengan tahun 2009, tapi ada juga yang pesimis dengan kondisi Indonesia di tahun 2009. Jujur, sesi ini kurang menarik buat saya, karena topiknya sudah ketinggian :D

Acara di-break cukup lama, dan lanjut lagi pukul 20 lewat, yaitu acara peluncuran portal Kompas yang baru, yaitu KompasEntertainment. Acara peluncuran ini diramaikan oleh penampilan Dewi-dewi dan Ahmad Dani, kemudian talkshow yang menghadirkan Dewi-dewi, Ahmad Dani, Deddy Corbuzier, dan Edy Taslim selaku Direktur Kompas.com. Buat saya sebagai blogger, justru sesi ini yang paling ‘ngeBlog banget’, karena semua artis tersebut punya blog. Para artis itu mau ngeBlog karena awalnya ditawari oleh Kompas, dan percaya dengan nama besar Kompas. Seperti kata Deddy (maaf ga inget persis), “Kalo Kompas yang ngajakin, saya sih mau”. Dan mereka bilang, mereka enjoy banget kok punya blog, karena bisa lebih deket ke fans. Ya, itulah satu manfaat blog lainnya!

Nah, apa hasil nyata dari MarkPlus Conference 2009 ini buat Ayo ngeBlog, seperti saya bilang waktu tadi cerita tentang New Wave Breakout Session?

Lihat akhir setiap tulisan deh, ada gambar seperti ini bukan?

Coba diklik (sebelumnya jangan lupa login di Facebook), ikutin petunjuknya, dan voila! Tulisan favoritmu di Ayo ngeBlog muncul di wall teman-teman di Facebook!

Jadi, kalau nemu tulisan di Ayo ngeBlog! yang menurut teman-teman menarik, Share aja di Facebook teman-teman, agar friends kalian di Facebook tahu tulisan apa yang menarik untuk dibaca. Mudah bukan caranya? Oh iya, cara ini terinspirasi oleh caranya Kompas.com yang juga menggunakan cara seperti ini. Katanya cukup efektif loh, menambah traffic Kompas.com. ;-)

Oke, sekian cerita tentang MarkPlus Conference 2009 dan hasilnya buat Ayo ngeBlog!

Ayo ngeBlog!

10 Responses to “Oleh-oleh dari MarkPlus Conference 2009”

  1. 16 December 2008 at 4:43 #

    Mau dong diajarin caranya nambahin “Share on facebook”-nya :-D

  2. 16 December 2008 at 6:20 #

    # Ade
    ada di di sini caranya: http://www.facebook.com/share_partners.php

    tapi saya sedikit memodifikasinya, jadinya ga pake teks “Share on Facebook”, tapi pake gambar, yang saya ambil dari sini http://www.facebook.com/share_options.php

  3. 16 December 2008 at 9:15 #

    Ilman makin malang-melintang di jagad pendekar blogger nih… ;) dah diakui sebagai blogger papan atas deh… hehehe…
    Maaf Man… blom bisa posting lagi. Selain emang blom ada ide, juga lagi fokus di blog sendiri…

  4. 17 December 2008 at 10:57 #

    Mark Plus tu siapa? Salam kenal boleh tuker link

  5. 17 December 2008 at 13:44 #

    Seru nich acaranya. Salam kenal

  6. 17 December 2008 at 18:59 #

    Wow mas ilman, thk u infonya, New Wave Marketing here i come, hehehe, gara2 liat blog ini jadi terinspirasi untuk buat Blog, baru aja dipublish, link back yah, sama comments n criticsnya on our Blog, thk u master!

  7. 17 December 2008 at 21:19 #

    new wave mareting ?
    jadi pengen ikutan …

  8. 18 December 2008 at 2:19 #

    foto fotonya [email protected] :-P

  9. 23 December 2008 at 18:25 #

    wow…..bagus nih…

Trackbacks/Pingbacks

  1. Alhamdulillah, Bertemu Pak Hermawan Kartajaya dan Mengembangkan Jaringan Lagi :) — [email protected]’s Online Journal - 20 December 2009

    [...] bermula sebelum MarkPlus Conference 2010 yang lalu. Gw yang alhamdulillah pernah dateng di MarkPlus Conference 2009 tanpa mengeluarkan biaya berkat tiket dari sahabat sekaligus abang saya mas Catur P.W., tentu saja [...]

Leave a Comment