Apa yang Menarik dari Pesta Blogger 2008? Sebuah Oleh-oleh Cerita

Teman-teman semua, maaf baru sekarang bisa ngasih laporan tentang Pesta Blogger 2008 yang saya hadirin Sabtu, 22 November 2008. Mudah-mudahan dimaklumi ya ;) . Oh iya, di postingan ini, saya cuma akan menuliskan beberapa poin menarik yang saya dapatkan di Pesta Blogger 2008 yang relevan dengan blogosphere Indonesia dan semangat ngeBlog kita. Kalo mau ngeliat cerita lengkapnya beserta foto2 (yang ada sayanya :P ), silakan lihat di blog personal saya. Kalo mau ngeliat cerita-cerita dari blogger lain, silakan lihat saja di Cerita Pesta Blogger 2008. Lengkap loh!

Inilah beberapa hal menarik yang saya sempat catat dari Pesta Blogger 2008. Mudah-mudahan bermanfaat :) .

Ir. Cahyana Ahmadjayadi, Dirjen Aplikasi Telematika Menkominfo yang hadir untuk mewakili Bapak Menkominfo M. Nuh yang berhalangan hadir, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal:

  1. ngeBlog itu hendaklah jangan hanya blog for fun, ada baiknya blogger Indonesia bisa blog for humanity, seperti tema besar Pesta Blogger 2008 sekarang (blogging for society). Juga blog for preneur, alias mendapatkan penghasilan
  2. Blogger Indonesia adalah blogger yang memiliki tanggung jawab, cerdas, dan memikirkan bagaimana Indonesia ke depan.

Sedangkan Bapak Kusmayanto Kadiman, Menteri Riset dan Teknologi RI dalam sambutannya menyampaikan hal-hal ini

  1. Blog itu adalah representasi demokrasi di Indonesia. Jadi, relasi antara blog dengan demokrasi itu adalah mapping satu-satu. Artinya, semakin banyak blog di Indonesia, semakin tinggi juga tingkat demokrasi di Indonesia
  2. Pak M. Nuh bilang, selama dia memimpin, tidak akan ada blogger yang ditangkap (seperti di negara-negara tetangga). Asal, tidak ada yang melanggar undang-undang.
  3. Blog itu punya aspek teknologi, ekonomi, dan politik.
  4. Blog itu tidak mematikan media-media lain yang sudah ada sebelumnya (seperti koran, tv, dll), tapi melengkapinya.

UPDATE, 27 November 2008

Di sana, ada sesi talkshow yang dipandu Bang Enda Nasution, membicarakan topik blogging for society. Saya tidak mencatat hasil diskusinya, tapi Ibu Edratna mencatatkan hal itu untuk kita:

Mas Enda mengawali dengan pertanyaan, apakah tema “Blogging for Society” tersebut masuk akal?

Menjawab pertanyaan Enda Nasution, Menristek menyatakan, bahwa beliau mengerti apa itu blog dan segala hal terkait tentang blog dari tulisan Enda di blog nya. Blog merupakan suatu ekspresi atau keinginan untuk tampil atau pamer, atas karyanya sendiri atau karya orang lain yang sangat dikagumi oleh si penulis yang menampilkan tulisan tsb di blog nya. Kepada siapa tulisan tsb ditujukan, antara lain kepada teman-teman, dan karena blog terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja, berarti tulisan tadi dapat dibaca oleh masyarakat umum, atau society itu sendiri.

Selengkapnya di Sekilas hasil diskusi tentang pemaknaan “Blogging for Society

UPDATE SELESAI

Di Pesta Blogger 2008, terdapat penghargaan buat komunitas blogger yang paling berkontribusi buat masyarakat sekitarnya, yaitu Blogging for Society Award. Kata ndorokakung sang Ketua Panitia, penghargaan itu diberikan berdasarkan kriteria: jumlah aktivitas dalam setahun, dampak aktivitas bagi masyarakat, penggunaan blog-nya, dan keberlangsungan aktivitasnya.

Dari kriteria tersebut, penghargaan The Most Promising Blogger Community jatuh kepada Bali Blogger Community. Hadiahnya adalah Handycam dan tripod dari Sony, terus Mini-DV dari British Council. Dan penghargaan tertinggi untuk Blogging for Society Award, yaitu komunitas blogger yang paling berkontribusi untuk masyarakat jatuh ke CahAndong.org dari Jogjakarta! Hadiahnya dapet uang 10 juta untuk pembiayaan aktivitas sosial, seperangkat alat sholat eh PC, dan undangan untuk satu orang perwakilan untuk ngadain social trip ke Kupang. Selamat ya, buat BBC dan CahAndong! Ayo semua komunitas blogger, berlomba-lombalah dalam kebaikan!

Setelah pengumuman itu, saatnya 5 blogger asing (Jeff Ooi, blogger anggota parlemen dari Malaysia, Mr. Brown dari Singapura, Mark Tafoya dari AS, Anthony Bianco dari Australia, dan Mike Aquino dari Filipina) yang diundang untuk mengikuti trip keliling Indonesia buat mempromosikan Indonesia, bicara di depan, sharing pengalaman mereka selama keliling Bali dan Jogja, dipandu sama Bang Enda Nasution. Ada beberapa poin menarik yang tercatat dari pembicaraan mereka.

Mr. Brown, saat ditanya dari segala keindahan Indonesia yang dia alami, kritik membangun apa yang dia punya agar Indonesia bisa lebih baik lagi, dia menjawab (dalam english tentunya): (1) koneksi internet agak sedikit lambat, (2) banyak tempat wisata menarik di Indonesia, tapi tidak well-marketed, jadi banyak yang ga tahu. Tugas dari blogger Indonesia lah untuk memasarkan hal itu, menulis dalam bahasa inggris agar dunia tahu tempat-tempat menarik di Indonesia.

Jeff Ooi bilang, di Indonesia, 3 menteri (walaupun 2 diwakilkan oleh Dirjennya) datang di acara blogger, sedangkan di Malaysia, blogger itu sama sekali nggak didukung pemerintah. FYI, kebebasan bicara di Malaysia, termasuk lewat blog, tidak sebebas di Indonesia. Silakan cari di detikinet, tentang blogger yang ditangkap. Dari Malaysia termasuk banyak.

Saya mengikuti breakout session yang dipandu oleh Mas Budi Putra dan Mas Pepih, dengan topik “Kebebasan ngeBlog di Dunia Maya: Batasn dan Etika. Berikut ini adalah beberapa poin yang saya tangkap dan sempat saya catat:

  1. Blog itu media bebas, tapi kebebasan kita dibatasi oleh kebebasan orang lain juga.
  2. Jangan pernah blogger sekali-kali mencoba sok tahu nulis-nulis sebuah berita atau informasi layaknya wartawan,  karena kita bukan wartawan atau reporter, dan kita ga punya mekanisme jurnalistik (seperti cross check, punya sumber informasi kredibel, dll) yang bener.
  3. Banyak aturan perundang-undangan yang dikhawatirkan akan menjadi “jebakan” untuk para blogger, salah satunya adalah UU ITE. Yang aman, menurut mas Budi, tulislah sesuatu yang benar-benar kita senangi dan kita kuasai betul. Misalnya menulis tentang hal-hal yang jadi hobi kita, dsb.
  4. Cerita dan Mas Pepih, dulunya, Kompas itu tidak menganggap para blogger ada . Akhirnya, menyadari bahwa para jurnalis itu punya semangat menulis yang tinggi namun ruang dalam Kompas cetak tidak mencukupi, Kompas pun membuat Kompasiana, yang sekalian jadi citizen journalism-nya Kompas.

Suasana salah satu breakout session

Suasana breakout session mas Budi Putra dan mas Pepih. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008

Pas diskusi, ada hal yang amat menarik yang didiskusikan blogger di sana. Bahkan beberapa baru saya tahu waktu itu:

  1. Seorang guru bernama Mas Wijaya Kusuma, sering menulis dan mengirimkan tulisannya ke Kompas, tapi sering ditolak. Akhirnya beliau ngeblog untuk menampung tulisannya yang tidak dimuat itu. Karena aktivitas ngeblognya itulah, dia terpilih menjadi Finalis Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran 2008 (tolong koreksi kalau salah ya mas).
  2. Baru tahu bahwa ada blogger yang sedang bermasalah akibat UU ITE. Beliau adalah Narliswandi Iwan Piliang dari http://presstalk.info. Detail kasusnya nggak sempet saya catat, tapi beliau mengatakan bahwa ia dan salah satu blogger lainnya bernama Agus Hamonangan terancam pasal 27 ayat 3 UU ITE.

Beberapa hal lainnya yang lebih lengkap bisa dilihat di postingan rekan saya, yang juga ikut breakout session ini: PB Yang Telah Lalu

Selain itu, UU ITE yang sekarang berlaku ternyata bisa menjadi sebuah pandangan tersendiri bagi para blogger. Menjadi blogger tidak sama dengan menjadi wartawan, ketika seorang wartawan memuat tulisannya kolom/media atau blog sendiri tentu dengan mempertimbangkan draft/sumber yang dimilikinya terlebih dahulu dan ini berbeda dengan tulisan yang dipublikasi oleh seorang blogger yang hanya bersifat sharing atau berbagi pengalaman.

Selain itu, ternyata blog yang sering dikomentari oleh berbagai orang dengan menyandang nama asli atau menggunakan inisial anonym juga bisa menjadi bahan tersendiri. “Ada baiknya untuk masalah isu politik dan agama tidak dibenarkan untuk menggunakan inisial anonym,” tegas mas Budi.

selengkapnya di PB Yang Telah Lalu

Menjelang akhir acara, saya bertemu dengan yang udah janjian mau ketemuan di Pesta Blogger 2008, yaitu Mas Arista dan Mas Ardi. Sayang ada yang kelewat nggak ketemu.

Foto bareng mas Ardi, mas Arista, dan Mas Igor

(Ki-ka) Saya, Mas Arista, Mas Ardi, Mas Igor. Diambil dari Album Pesta Blogger 2008

Sebagai penutup, kesimpulan sekaligus kritik dan saran dari saya pribadi terhadap Pesta Blogger 2008 saya tuangkan dalam poin-poin berikut ini:

  1. Seperti dikatakan ndorokakung saat penyerahannya, titik tekan dari Blogging for Society Award ini adalah adanya peran dari komunitas blogger lokal di masing-masing daerah untuk bisa berkontribusi nyata, melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. Saya mengistilahkan kalau komunitas blogger Indonesia adalah tulang punggungnya penyebaran semangat ngeBlog dan manfaat blogging pada masyarakat Indonesia.
  2. Ide untuk mengundang blogger-blogger mancanegara untuk berwisata di Indonesia, dengan imbal balik mempromosikan budaya Indonesia di blog-nya masing-masing adalah ide yang sangat cerdas menurut saya. Saya setuju dengan Mr. Brown bahwa Indonesia kurang dipromosikan di mancanegara.
  3. Secara teknis, keseluruhan penyelenggaran acara ini berlangsung baik, meskipun mulainya molor sekitar 30 menit (hei, mundur 30 menit dari jadwal bagi orang Indonesia masih dihitung ontime bukan? :P ).
  4. Uang masuk 50 ribu saya pikir sangat worth it dan sebanding dengan yang kita dapatkan dari panitia: Makan siang, snack sore, kaos Pesta Blogger, pin, dan seluruh rangkaian acara Pesta Blogger! Isi goodie bag nggak dihitung ya, itu kan dari sponsor.
  5. Kekurangan pertama ada pada keterbatasan tempat untuk breakout session. Karena auditorium utama BPPT cukup luas, maka 3 dari 6 breakout session diadakan di auditorium (yaitu breakout Pak Nukman, Budi Putra, dan Raditya Dika). Meskipun masing2 pembicara nggak pake mic, tapi berisik, sorak sorai, dan tertawa dari blogger yang ada di sana (khususnya sih yang ikut di Raditya Dika) cukup mengganggu fokus dari blogger lain di breakout session tetangganya.
  6. Selain itu, sama seperti kekurangan tahun lalu, pelaksanaan talkshow lagi-lagi kurang optimal dan terkesan membosankan. Entah topiknya yang kurang menarik atau apa, tapi para blogger saya lihat lebih suka ngobrol-ngobrol sendiri.
  7. Yang pasti, kalau tahun depan Pesta Blogger 2008 ada lagi, saya insya Allah tidak akan melewatkannya. :)

Bagaimana Pesta Blogger 2008 di mata teman-teman?

21 Responses to “Apa yang Menarik dari Pesta Blogger 2008? Sebuah Oleh-oleh Cerita”

  1. 26 November 2008 at 14:58 #

    woho, masuk yang di diskusinya Pak Budi Putra y? Saya masuk ke diskusi yang tourism.

    Panitia sukses membuat kami bingung nih. Diskusi paralelnya menarik semua! :D

    Anyway, salam kenal y. :) Cerita pesta blogger 2008 kami banyak sekali, Sudah dipublikasikan di blog kami :D

  2. 26 November 2008 at 16:25 #

    Akhirnya bisa update juga ya man….Lega rasanya!

  3. 26 November 2008 at 17:18 #

    tahun depan gw harus ikut…(mudah-mudahan diasain lagi, kalo gak ada biar gw yang bikin hehehe…)

  4. 27 November 2008 at 0:07 #

    ngikut ngeblog dunk….maklum pemula….
    jadi lum paham betull

  5. 27 November 2008 at 10:43 #

    Namun, sayang aku tak bisa ikut dalam pesta blogger itu karena ada acara keluarga yang tidak bisa ditinggalkan he.he.he..

    @Ilman
    Maaf baru nongol lagi ha..ha…

    Sukses..

    Ayo ngeblog, Ayo Ngoment Juga..!!

  6. 27 November 2008 at 14:30 #

    Yang jelas juga….selamat hadiahnya….
    Saya dan si bungsu menunggu sampai selesai, berharap ada satu hadiah yang nyantol, nggak dapat juga….

    Siang itu saya sms kunderemp, cerita Ilman dapat hadiah, dan ketemu Wibi (lihat di blognya)

  7. 28 November 2008 at 0:32 #

    berhubung masih baru ngeblog saya mengucapkan kepada komunitas blogger nasional.. salam kenal dan salam sukses

  8. 28 November 2008 at 10:50 #

    we… baru di Update… maklum ilman single Figther kayanya sekarang :D

  9. 29 November 2008 at 2:11 #

    sayang neeh belum bisa ikutan, next pasti gabung
    fans setia blogger yg geram

  10. 29 November 2008 at 12:46 #

    ini mas [email protected] adminnya anakUI.com bukan??….

    Wah, sayang banget kita gak ketemu-an saat PB08 kemarin,
    padahal kita satu kelas pas acara break session yang dipandu oleh mas Budi Putra (www.asiablogging.com) dan mas Pepih Nugraha (www.kompas.com).

    Sharingnya sangat komplete mas…!!!

    Salam kenal,
    http://www.yulyanto.com

  11. # F @ Bloggingly
    salam kenal juga ya mas fikri..
    sayang kemarin kita nggak saling kenal, jadi belum bisa ketemuan..

    # Aulia
    yap, kewajiban utama blogger: posting :P

    # ramadoni
    iya don, dateng don

    # ghielz
    iya, silakan langsung coba bikin blog.. learning by doing.. semua blogger juga belajar sambil ngeblog ;-)

    # Ibnu
    wah, kang Ibnu akhirnya udah kembali ke kota kang? ayo, ditunggu tulisannya lagi! tulisan kang ibnu selalu banyak yang komen euiy (dibandingin saya), coba aja diperhatiin ;D

    # edratna
    terimakasih tante.. doorprize itu rezeki2an, kalo belum rezeki, nggak bakal dapet ya :)

    kalo narpati bisa pulang ke Indonesia, pasti udah dateng di Pesta Blogger kemarin ya tante..

    # Blog Komputer
    salam kenal dan salam sukses juga mas!

    # arista
    :D

    # andi
    iya, mudah2an tahun depan kita bisa ketemu di Pesta Blogger 2009 ya..

    btw, blogger yg geram itu maksudnya apa?

    # yulyanto
    iya mas yulyanto, saya yang admin anakUI.com juga..
    iya, sayang kita belum saling kenal, jadi ga bisa ketemuan di PB08..

    next time ketemuan ya :)

  12. 4 December 2008 at 8:08 #

    aku datang dari jauh hanya membawa bekas :)
    dan tak lain adalah comment and comment
    sukses :) selalu

  13. 10 December 2008 at 16:47 #

    gak bisa ikut.tapi tahun depan mesti ikut

  14. 10 December 2008 at 16:47 #

    dan tidak boleh ketinggalan

  15. 12 December 2008 at 19:34 #

    Hi,
    Cuman ngasih tahu saja, blog Pak Kusmayanto Kadiman (Pak KK), Menegristek kita adalah http://www.ristek.go.id/makalah-menteri

    Thanks,
    Amirfm

  16. 27 December 2008 at 7:25 #

    Wah.menarik juga mas Ilman..
    Gimana nich masuk menjadi komunitas blogger..
    Saya blogger pemula nich.. sesuai dengan banner iklan “menjadikan 1 juta blogger” di Indonesia.
    Semoga saya menjadi pelengkap yang ke satujuta-nya.
    Salam kenal untuk mas [email protected]

  17. 30 September 2010 at 13:28 #

    yang menari apa yah ?
    cz blm pernah ikutan nih

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cerita Pesta Blogger — Pesta Blogger 2008 - 30 November 2008

    [...] Dari Pesta Blogger 2008 – The Most Promising Blogger Community – setelah pesta itu usai… – Apa yang Menarik dari Pesta Blogger 2008? Sebuah Oleh-oleh Cerita [...]

  2. Microsoft Bloggership, Penghargaan dan Pengakuan dari Microsoft untuk Blogger Muda Indonesia | Ayo ngeBlog! - 10 December 2008

    [...] Bloggership ini diumumkan secara resmi pada Pesta Blogger 2008 yang lalu, dan pendaftaranya dibuka sampai 15 Desember 2008. Berikut ini adalah rilis resminya sebagaimana [...]

  3. Kaleidoskop Blogosphere Indonesia 2008 - 31 December 2008

    [...] Enda Nasution memberikan prediksinya tentang jumlah blogger Indonesia. Beliau mengatakan bahwa pada Pesta Blogger 2008 yang sudah lewat kemarin, jumlah blog (eh, apa blogger ya?) di Indonesia mencapai 600 ribu. Dan [...]

  4. Pesta Blogger » Blog Archive » Cerita Pesta Blogger - 14 September 2009

    [...] Dari Pesta Blogger 2008 – The Most Promising Blogger Community – setelah pesta itu usai… – Apa yang Menarik dari Pesta Blogger 2008? Sebuah Oleh-oleh Cerita – PB2008: Roadtrip Jogja ” I love Jogja” – New Indonesia Tourism Campaign – versi pesta [...]

Leave a Comment