Alasan-alasan mulai ngeBlog yang Harus Dihindari

Sebagai salah satu blogger yang relatif masih pemula (baru setaunan), saya pernah juga merasakan naik-turunnya semangat ngeBlog. Ada alasan baru yang saya temukan yang membuat saya lebih semangat. Namun setelah beberapa saat, saya mulai down lagi karena kecewa hasilnya gak seperti yang diharapkan. Untungnya, berbagai alasan membuat saya tetap bersemangat ngeBlog sampai hari ini.

Banyak alasan yang digembar-gemborkan untuk mulai ngeBlog. Tidak ada yang salah dengan alasan-alasan itu, karena memang benar. Tapi untuk dapat mencapai tujuan-tujuan itu, tidak mudah. Untuk blogger pemula, mulai ngeBlog dan tidak mencapai sasaran, dapat membuat blogger tidak lagi berminat merawat blognya. Dijadikan target boleh, tapi sebaiknya jangan jadi alasan utama. Setidak-tidaknya, jangan dulu.

Beberapa alasan berikut, menurut saya harus dihindari saat mulai ngeBlog.

  1. NgeBlog untuk uang.
    Salah satu hal yang mungkin paling menarik untuk mulai mengerjakan sesuatu adalah uang. Betul, banyak blogger yang sudah mencicipi nikmatnya dapat uang dari ngeBlog. Tapi jalan ke sana tidaklah mudah. Jika ini tujuan kita mulai ngeBlog, mungkin 1 bulan saja sudah bosan dan meninggalkan blog kita. Banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. Baik secara langsung ataupun tidak. Tapi butuh waktu dan effort yang cukup lama untuk sampai ke sana.
  2. Mencari Visitor Sebanyak-banyaknya.
    Visitor atau pengunjung blog merupakan hal yang juga dicari-cari banyak blogger. Entah tujuannya untuk memperoleh fulus atau hanya sekedar narsis dan ingin tahu kepopuleran blognya. Visitor juga tidak datang dengan mudah. Banyak cara yang diajarkan untuk memperoleh visitor, seperti bertukar link, promosi lewat forum, milis, pasang di signature email… sampai mungkin bikin bumper sticker, pasang di mobil atau motor…hehehe….
    Tapi kalau blog kita sendiri tidak dirawat dengan apik, orang yang datang melihat… mungkin hanya lihat sekali dan gak balik-balik lagi. Sesudah promosi habis-habisan, dan melihat jumlah pengunjung gak kunjung bergerak naik… rasa bosanpun akan melanda.
  3. Mencari rangking Google
    Google memang luar biasa. Saya harus akui bahwa peran Google dalam mendongkrak visitor ke blog saya sangat besar. Tidak heran banyak yang ingin punya page rank (PR) tinggi agar blognya muncul di halaman depan hasil pencarian Google. Namun sekali lagi, rasanya tidak bijak mengincar PR saat mulai ngeBlog. Ya entah karena (sekali lagi) narsis, atau punya tujuan akhir untuk monetize blognya.
    Kemarin baru lihat film ‘Wanted’-nya Angelina Jolie. Tokoh utamanya, Wesley Gibson, mengetikkan namanya di Google Search dan melihat bahwa namanya tidak dikenali. Bukan siapa-siapa. OK, itu jelas tidak menggambarkan bagaimana Google bekerja :) Intinya, banyak orang yang ingin namanya atau blognya muncul di halaman depan Google. PR tidak diupdate dalam rentang waktu pendek. Jangan-jangan sebelum diupdate, kita sudah bosan mengelola blog kita.

Pada dasarnya, ngeBlog butuh kesabaran. NgeBlog lah dengan hati, cari passion-mu dalam ngeBlog. Jangan berharap memperoleh hasil yang instan! And the rest will follow ;)

Ada lagi yang punya alasan-alasan mulai ngeBlog yang perlu dihindari? Silahkan didiskusikan…

62 Responses to “Alasan-alasan mulai ngeBlog yang Harus Dihindari”

  1. 1 May 2009 at 13:43 #

    Setuju….! Memang semua itu harus dihindari untuk menghindarkan diri dari putus asa karena ngeBLOG

  2. 7 May 2009 at 15:59 #

    Ok, bagus sekali tips-nya. Selain untuk cari uang nge-blog juga tujuannya cari relasi dulu.

  3. 15 May 2009 at 10:18 #

    iya nih kalo soal uang siapa yang ga mau? tapi cara dapet duit dari ngeblog memang gampang tapi awalnya susaaaaaah banget

  4. 17 November 2009 at 14:48 #

    Waduh kok pas betul dengan aku…tapi itu dulu! Waktu masih baru pertama ngeblog, sekarang sih sudah tak begitu kuhiraukan.Dapat visitor banyak ya alhamdulillah.Dapat sedikit….biarin.Yang penting blogku tetap hidup dan kupelihara dengan sepenuh rasa kasih dan sayang….ceilee!
    http://wyw1d.wordpress.com/

  5. 25 November 2009 at 19:16 #

    kalau ngeblog kan kita nggak ketemu siapa2. hanya liat gambar saja. apakah ada rasanya tenar?

  6. 3 December 2009 at 12:51 #

    sori sob nomor 2 tuh jujur ngga bisa gue hindari…
    ngapain gue buat blog kalau ngga buat ngejar visitor… :-D
    gue capek2 nulis klo ngga ada yang baca percuma dunk…
    tuh pendapat pribadi gue aja loh..
    ————————————————————————–
    untuk nomr 1 sebetulnya sah2 aja blog digunain untuk cari uang asal ngga samapi terobsesi.. hehe
    ————————————————————-
    mengejar pagerank???
    pastinya lah…
    blog gue masih NOL besar PR,nya..
    maklum baru sebulan cuuyyy
    nie lagi digenjot abiz2 buat dapet PR bagus di update PR berikutnya…
    walaupun jujur gue ngga tahu langkah yang gue lakuin ini dah bener belum…

  7. 12 December 2009 at 20:18 #

    ouh gt ya mas.. baru tau…

  8. 30 June 2010 at 10:51 #

    setuju sekali mas bahkan saya pribadi saat ini juga sedang terpuruk tanpa semangat ngeblog… entah kemana lagi saya harus nyari mahluk bernama “smangat ngeblog” itu hik

  9. tanti
    27 July 2011 at 23:28 #

    aku newbie ka2 ini aku coba bikin blog. intip aja gpp . tapi jangan dihina ya…hehe..

    http://tantikd99.blogspot.com/

  10. acuang
    11 October 2011 at 11:04 #

    selagi blog bisa menghasilkan uang
    hajar terus ..gpp karna jaman sekarang susah nyari duit

  11. teruk rejn
    11 October 2011 at 11:06 #

    ahhh…buat apa ngeblog..
    nanti kaLIAN bisa jadi GOBLOK

  12. 21 October 2011 at 11:04 #

    Wah..Thanks..ya infonya seputar ngeblok.. saya udah lama juga bikin blog, tapi sering pasang surut ngeblob dan kadang2 lama ngak di update…tapi akhir2 ini saya agak ketagihan negeblog, walau belum banyak pengunjungnya, tapi..itu merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi aku…oya sobat jangan lupa singgah ke blog aku ya untuk sharing informasi :-)

  13. 16 November 2011 at 13:00 #

    Sy baru buka blog baru, tadinya sangat berkeinginan utk mendapatkan profit. Tapi kemudian sy sedikit “membelokan” arah blog sy untuk berbagi pengalaman tentang parenting..

  14. 25 November 2011 at 16:45 #

    Semangat !!! mohon di komentari sepenuhnya untuk newbie blogger yang satu ini ya hehehe maklum masih 1 bulan : )

  15. 19 January 2012 at 16:57 #

    Kalo alasan saya ini : http://saiful27arif.blogspot.com/2012/01/alasan-nge-blog.html

  16. 22 January 2012 at 21:52 #

    dulu sempat juga termotivasi oleh ketiga hal di atas. tetapi masa itu sudah lewat. saya ngeblog karena suka. visitor akhirnya datang dengan sendirinya :)

  17. 2 April 2012 at 22:01 #

    tapi susah tu kang kalau dihindari tenan og :D

  18. maslihul
    27 April 2012 at 2:40 #

    bolehhh,,,,,juga…

  19. 6 May 2012 at 16:44 #

    @neng Ratna : Nggak sih (Menurut aku)..

Trackbacks/Pingbacks

  1. Salman's Blog » Buat Apa Blog detik? - 5 October 2008

    [...] Tujuan ngeblog bisa bermacam-macam. Ada yang ingin melatih sense menulis. Ada yang bisnis lewat blog. Hingga menjadikan blog sebagai diary dari aktivitasnya sehari-hari. Oke lah, udah banyak kok blogger yang menuliskan topik ini. Coba deh kunjungan ke sini dan situ. [...]

  2. Bambang Haryanto: Bila Blogger Seperti Anda Diuber Macan | Ayo ngeBlog! - 30 October 2008

    [...] “kenapa kita ngeBlog?” akan tetap relevan sepanjang zaman. Alasan apa yang menyebabkan kita mulai ngeBlog, itulah yang akan membuat kita terus semangat ngeBlog apapun kondisinya, atau malah sebaliknya, [...]

  3. Tips Blog | Blogging - 29 July 2009

    Apa yang Anda Lakukan Setelah (Sempat) Vakum NgeBlog?…

    Ya. Anda yang sudah lama ngeblog dan mengalami pasang surut dalam blogging, saya ingin menanyakan kepada anda, apa yang anda lakukan pertama kali setelah sempat vakum ngeblog? Apakah langsung ‘in’ menuliskan postingan-postingan selanjutnya?
    Atau pertam…

Leave a Reply to trasmianto