Blogmu, Kompetensimu

Apa motivasimu untuk ngeBlog? Pasti jawabannya beragam. Saya ingat dulu, jaman blog masih belum populer-populer amat. Saya bikin situs di geocities yang isinya semacam resume online dan portfolio. Kalau ingat jadi malu sendiri… siapa yang mau baca coba? Hehehe…

Pernahkah kita membayangkan, siapa saja yang mungkin membaca blog kita? Bisa siapa saja. Bahkan orang-orang yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita. Saya gak tau, apa Ilman pernah berpikir akan diundang untuk jadi narasumber di MS TRI 104.2 FM. Kemudian diundang Nokia Blogger Gathering (bener gak nama event-nya?). Tapi saya rasa enggak. Betul kan Man? ;) Blog dapat dibaca semua orang. Dan kita bisa manfaatkan blog untuk menunjukkan kompetensi kita.

Saya sendiri sebetulnya pernah dikontak secara tak terduga karena blog saya yang mengulas dunia CAD. Mungkin karena menganggap saya cukup mampu di bidang itu. Tapi saya pikir sebetulnya karena gak ada yang mau mengulas hal itu sebanyak saya… hehehe…Seperti yang saya tulis di sini, banyak yang memanfaatkan blog untuk memamerkan karyanya, tapi tidak membahas dunia profesinya secara detail.

Yang pertama, saya dihubungi untuk memberikan training. Sayang sekali pada saat itu saya sedang banyak sekali kegiatan. Jadi terpaksa saya tolak. Nyesel juga sih, karena sampai sekarang gak ada yang nawarin lagi :D Padahal waktu itu duitnya lumayan sih T_T

Yang kedua, cukup bikin saya surprised. Saya dikontak oleh seorang wartawan harian nasional, KOMPAS. Akhirnya, waktu itu Gesit Ariyanto, nama wartawan tersebut menjadikan saya narasumber di artikel ini. Meski waktu itu saya ngotot saya gak kompeten untuk masalah green building, karena saya bukan arsitek. Tapi dia bilang sudah mencoba menghubungi beberapa arsitek, tidak ada yang mengerti masalah ini. Kalaupun ada, tidak bersedia diwawancarai. Akhirnya saya bersedia, tapi memang saya minta supaya nama blog saya gak disebut, diganti nama kantor saya saja. Gak enak ketauan ngeblog pas jam kantor :D

Jadi, gunakan blog untuk menunjukkan kompetensimu! Siapa tau, kelak ada yang menghubungi untuk menawarkan hal yang besar ;)

7 Responses to “Blogmu, Kompetensimu”

  1. 8 July 2008 at 11:17 #

    Inspired! Masalahnya, saya ngga cukup PD untuk dibilang kompeten. :P

    Boleh juga tuh kita tunggu blog dari orang dalem-nya KPK. Biar gak gampang ketahuan kalo korupsi.
    [gubrak! buru-buru kabur ampe nabrak tembok]

  2. 8 July 2008 at 12:02 #

    yang penting tetep konsisten di jalur tertentu.. niche!

  3. 8 July 2008 at 13:16 #

    Gak enak ketauan ngeblog pas jam kantor

    wah, mas edo ketahuan!! hehe..

    hmm, kompetensi ya? sekarang saya lagi mencoba membangun kompetensi saya, dari bidang yang saya sukai, yaitu tentang web..

    saya bercita-cita punya satu blog lagi, yang isinya membahas tentang itu.. mungkin nanti bakal seperti http://readwriteweb.com/ yang terkenal itu kali ya..

    sambil ngeblog, sambil belajar nih..

  4. 8 July 2008 at 22:02 #

    Mencoba untuk tetap konsisten dalam materi ngeblog adalah hal yang biasa, tapi upaya melestarikan sekaligus membuat tradisi itu yang agaknya susah, tul kan..heh.he.h..

    Ayo Ngeblog, Ayo Ngomen Juga!!

  5. 9 July 2008 at 18:18 #

    Anybody can make history. Only a great man can write it. Semua orang bisa menorehkan sejarah. Hanya orang besar saja yang mampu menuliskannya.

    Ucapan Oscar Wilde (1854-1900), dramawan dan penyair Inggris-Irlandia tersebut, tentu membesarkan hati bagi kita kaum blogger dan kaum epistoholik juga.

    di kutip dari http://esaiei.blogspot.com/

  6. 10 July 2008 at 14:33 #

    To: Hanin,
    Kenapa gak pede? Anggap aja sarana latihan buat mengasah kompetensi ;)

    To: Ilman,
    Sssttt…. Jangan bilang sapa2 :D
    saya juga liat banyak situs/blog luar yang sejenis. Pengen jg sih jadi kaya gitu…

  7. 10 September 2010 at 1:50 #

    kann ja sein

Leave a Comment