Apa yang Seru dari Menjadi Blogger? – Memperluas Pertemanan!

Apa yang seru dari menjadi blogger dan punya blog?

Jika ditanyakan ke masing-masing blogger, tentu saja jawaban yang didapat bakal berbeda-beda, sesuai dengan motivasi, karakteristik, dan pengalaman masing-masing blogger tersebut.

Pasti ada yang bilang serunya jadi blogger itu karena bisa menghasilkan pendapatan (uang)!

Terus ada juga yang seneng banget dan kaget karena dikunjungi banyak penggemarnya (ini mah artis!)

Juga ada yang bilang serunya jadi blogger itu adalah karena kita bisa mencurahkan perasaan kita alias curhat.

Bagi saya pribadi yang ekstrovert ini, blog itu adalah media yang sangat menakjubkan untuk memperluas pertemanan dan jaringan kita! Kita jadi bisa kenal banyak orang, dapet banyak temen, dapet jodoh, berkenalan dengan para “pakar” pakar sungguhan, bertemu dengan orang yang tidak disangka-sangka, dan lain sebagainya.

Hubungan pertemanan itu biasanya mulai terjalin dari saling membaca blog, lalu dilanjutkan dengan saling berbalas komentar, kadang-kadang kalau butuh sesuatu yang lebih urgen bisa lewat chat, dan kalo lebih intens lagi sampe bikin kopi darat. Seringkali, komunitas blogger yang kita ikuti juga berperan besar dalam memperluas pertemanan kita.

Memang sih, kopdar-kopdaran, chatting-chatting-an, itu adalah metode komunikasi yang udah ada lama, bahkan sebelum blog populer. Dulu kan komunitas di dunia maya itu biasa lewat milis Yahoogroups, chatting juga gitu, tinggal masuk di chat room atau via Yahoo!Messenger aja.. Sama sekali nggak ada bedanya dengan saat ini kan?

Nah, akan tetapi, satu hal yang membuat blog menakjubkan untuk memperluas pertemanan adalah bahwa kita seakan telah mengenal dekat, luar dan dalam, para blogger yang biasa kita baca tulisan-tulisannya. Karakter seseorang kan kira-kira bisa diketahui dari pemikirannya, dan itulah yang menyebabkan kita merasa dekat dengan seseorang yang biasa menuangkan pikirannya lewat blog. Seolah-olah blogger lainnya itu adalah teman kita dari dulu, pada saat ketemuan di kopdar atau ngobrol lewat Y!M, bahan obrolan selalu saja ada.

Menakjubkan ya? Secara tiba-tiba, tanpa angin tanpa hujan, cuma dari membaca blog aja, kita bisa kenal dan bersahabat dengan orang-orang yang sebelumnya sama sekali asing dengan kita? Itulah kekuatan blog!

Ayo ngeBlog!

26 Responses to “Apa yang Seru dari Menjadi Blogger? – Memperluas Pertemanan!”

  1. 1 August 2009 at 2:17 #

    Aku rasa mungkin untuk belajar menulis dengan baik, selain asal corat-coret, namun bisa menjadi tulisan yang baik sehingga apa yang ingin kita sampaikan bisa terhubung dengan baik bagi yang sengaja atau pun tidak saat membacanya.

    Ada yang kritik bagus, ada apresiasi syukur

  2. 29 January 2012 at 18:42 #

    aku ikut………

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mmm, Hari Ini Masih Ada yang Sahabatan Pena (Sapen) Nggak Ya? | Ayo ngeBlog! - 12 May 2008

    [...] atau nomor handphonenya. Pada akhirnya, kesempatan untuk berkenalan, bersahabat, dan menjalin tali silaturahim dengan teman-teman baru menjadi terbuka lebih luas dengan adanya blog didukung dengan media komunikasi lainnya [...]

  2. Selamat Hari Blogger Nasional, dan Beberapa Breaking News Gembira Hari Ini! | Ayo ngeBlog! - 28 October 2008

    [...] biaya pendaftaran 50 ribu rupiah :D . Saya nggak mau melewati kesempatan berharga bisa bertemu dan memperluas jaringan pertemanan dengan blogger-blogger Indonesia, jadi saya sudah [...]

  3. Blog dan New Wave Marketing | Ayo ngeBlog! - 4 December 2008

    [...] personal branding, buat media pembelajaran, buat politik, buat menunjukkan kompetensi diri, buat memperluas jaringan), tapi bisa juga buat alat [...]

  4. Bambang Haryanto: Bila Blogger Seperti Anda Diuber Macan - 3 March 2009

    [...] kita ngeblog karena ingin mengekspresikan diri kita, berbagi ilmu pengetahuan, menjalin pertemanan, membangun jaringan? Atau apakah kita ngeblog karena ingin mendapatkan penghasilan dari internet? [...]

Leave a Comment