Ketika ngeBlog Mencapai Titik Bosan Tertinggi

Sejak kopdar pertama Ayo ngeBlog kemarin, aku ga pernah lagi nulis disini. Bukan karena bosan dan ga ngeh lagi dengan blog. Tapi aku lagi konsentrasi untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Selama di Jogja aku jarang ngenet. Tapi kalau ngeliat blog pribadi ku yang kelihatannya sering di update, jangan kira aku bisa online tiap hari. Aku nulis artikel-artikel itu sekalian di satu waktu. Dan ketika mau ngepost di blog, aku atur biar waktunya beda-beda. Jadi terkesan selalu terupdate tiap hari.

Tips di atas bisa di aplikasikan bagi siapa aja yang saat-saat ini sedang atau akan mencapai titik kejenuhan ngeblog yang parah. Misalnya saudaraku ini, beberapa hari yang lalu dia ngerasa udah bosen ngeblog di blog pribadinya (tapi di ayongeblog kok rajin ya man..? :D ). Alasannya karena di blog pribadinya tidak membahas topik yang khusus (niche). Dia emang suka memperhatikan banyak hal dan menuliskannya di blog. Itu emang bagus. Tapi kalau mood lagi ga ngedukung, blogpun bisa terbengkalai.

Niche blog, (mungkin) solusinya

Blog pribadi memang punya beberapa keuntungan dan kekurangan. Disatu sisi ia mampu mengatualisasikan apa yang dipikirkan si blogger. Jadi dari tulisannya kita bisa menilai seseorang. Memang peneliannya masih objektif. Tapi setidaknya bisa terwakili lah. Misalnya di blog seseorang gaya penulisannya humoris, kemungkinan besar dia adalah orang yang suka becanda dan periang :) .

Seperti yang sudah saya bilang di awal, ketika sebuah blog pribadi ditulis berdasarkan mood, maka kalau ga ada mood, berarti ga akan ada tulisan. Ketika kalian sudah sampai pada titik itu, cobalah mulai memfokuskan diri pada satu topik yang khusus aja.

Dengan adanya topik khusus ini, perlahan tapi pasti kalian tidak akan menulis lagi dengan mood semata. Karena dengan topik yang khusus, kalian akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik buat pembaca. Akan ada rasa malu jika tidak bisa memenuhi keinginan membaca. Sehingga blog ga hanya akan menjadi tempat menumpahkan menu makan siang kamu hari ini apa. Blog bisa menjadi manfaat yang benar-benar bisa dimanfaatkan oleh orang yang suka memanfaatkan manfaat orang lain… *halah … bingung ya..*. Intinya bermanfaat lah.

Manfaat lainnya adalah kalian bisa menjadi expert di bidang yang kalian bahas. Dan siapa tahu peluang untuk bisa lebih maju terbuka. Kalian akan terkenal dengan keahlian kalian. Misalnya om Cosa terkenal dengan making money onlinenya.

Tapi untuk merubah dari blog pribadi menjadi blog dengan topik khusus tidak lah mudah. Kadang juga kita tidak tahu topik khusus apa yang kita kuasai. Memang butuh waktu untuk menyadari itu semua. Tapi cobalah untuk terus ngeblog di blog pribadi kalian. Dan sekitar 6 bulan kalian akan menyadari topik apa yang paling senang kalian bahas. Bisa dilihat dari kategori apa yang terbanyak di blog kalian.

Jadi gimana ? Mau beralih ke topik khusus ?

6 Responses to “Ketika ngeBlog Mencapai Titik Bosan Tertinggi”

  1. 5 April 2008 at 10:42 #

    wah, ada namaku disebut-sebut! hehe..
    ngomong2 tentang fadli, aku udah dari akhir bulan maret kemarin nggak ngunjungin blog fadli nih..

    katanya banyak orang, trik buat menghilangkan kebosanan dalam melakukan sesuatu adalah istirahat sebentar, berhenti dalam melakukan sesuatu itu.. nanti pada masanya, pasti kangen lagi kan? pengen sih meng-hiatus(hibernasi)kan ilmanakbar.com untuk sementara waktu.. tapi masi belum yakin aja nih..

  2. 5 April 2008 at 11:56 #

    wah belum tertarik untuk ulas hal khusus tu bro,cuz saya ndak ada keahlian khusus,,kecuali,,nyari mp3 :P , jadi ya cuman bikin blog mp3 di blogspot. en di http://koolsonic.com saya jadiin blog diary aja,,topiknya juga umum dan ga spesial,,hehe..yang penting nuliiiss :D

  3. 5 April 2008 at 14:38 #

    yang penting isinya positif, maka yang respon juga positif lah…
    Ayo ngeblog, ayo ngoment juga!

  4. 5 April 2008 at 16:10 #

    waah kebetulan nih,,,gw sekarang lagi fokus di satu bidang aja ,,,di bidang core competence gw (ilmu komputer),,,,tapi jadi ngurusin 2 blog,,,yang satu niche yg satu lagi gado2 :D

  5. 14 April 2008 at 12:35 #

    itu dia oom, intinya isinya yang bener2 menghibur, dan gak hanya menghibur pembaca, penulis juga. Pokoknya harus jadi hobby..betoooeel?

  6. 16 April 2008 at 15:08 #

    Memang mempertahankan tradisi sangat sulit. terlebih lagi bila terkait dengan neblog. Selalu ada bosenya.

    Nah, adakah cara jitu dalam menepis persoalan prabadan tersebut.

    Adalah, baca, diskusi (slancar), meneriung dan tak lupa menulis.

    Semoga bermanfaat.

    Ayo Ngeblog, Ayo Ngoment Juga!!!

Leave a Comment