Ayo Ngeblog; Kampanyekan Blogger Bukan Hacker!!!

Hampir sepekan ini perseteruan komunitas blogger dengan Roy Suryo terkait statement yang diucapkannya soal pelaku deface situs Depkominfo, kian tak menentu arah yang dibicarakanya.

Betapak tidak, niatan baik sekaligus ajakan dari blogging melalui Presiden Blogger Indonesia Enda Nasution malah tak diindahkan.

Niat para blogger menggelar dialog tersebut adalah baik. “Hanya ingin tahu maksud pernyataan blogger yang dituduh Roy berada di balik serangan ke beberapa situs internet di Indonesia,” ungkap Enda kepada detikINET, Selasa (1/4/2008).

 

Seharusnya, Roy yang bertanggung jawab terhadap pernyataannya. Namun justru para blogger yang jadi repot meluruskan masalah.

“Kita yang dituduh, kita yang dirugikan dan ‘dicemarkan’ namanya, kita juga yang harus mengundang Roy Suryo dan minta penjelasan,” keluh Enda.

Blogger, hanya ingin memperjelas siapa blogger yang dimaksudkan Roy dan apakah Roykan ada prosedurnya, ini artinya Roy melangkahi fungsi penyidikan,” jelasnya. mempunyai bukti dan dasar sehingga bisa menuduh seperti itu. “Soalnya ini berkaitan dengan penyidikan polisi,

 

Tak hanya Enda, Riyogarta pun ikut menyuarakan gugatanya melalui ‘Surat Terbuka: Ajakan Dialog Terbuka Dengan Sdr. Roy Suryo’
Saya yakin Sdr. Roy Suryo sebagai orang yang sudah diakui pakar dalam bidang Teknologi Informasi bisa meluangkan waktu dan tempat untuk menerima ajakan dialog terbuka ini.

‘Saya yakin Sdr. Roy Suryo tidak akan mengatakan “tidak tahu” mengenai adanya ajakan dialog terbuka ini. Ajakan dialog terbuka saya posting melalui blog dan insya Allah akan tersebar dengan baik melalui search engine maupun dengan bantuan dari teman-teman melalui blog, milis dan media lainnya. Dengan demikian, saya yang tidak tahu cara menghubungi Anda bisa berharap Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan mudah dan cepat. Bukankah ini salah satu keahlian Anda? Mencari informasi mengenai diri Anda atau informasi lainnya di internet’.

Di tempat terpisah Roy menanggapi ajakan dialog itu, malah Emoh Dialog Maya.

“Dengan sangat senang, yang disebut ‘Dialog Terbuka’ adalah diskusi secara nyata dan bertanggung jawab,” kata Roy Suryo dalam pesan singkatnya kepada okezone, Selasa (1/4/2008).

Roy memastikan siap hadir dalam acara itu secara profesional seperti layaknya acara seminar. “Tolong mereka menyiapkan tempat umum yang ilmiah seperti kampus, diliput media, dan hadir secara nyata. Saya tidak melayani diskusi maya,” tegasnya

Nah, bila tak ada ruang terbuka untuk berdialog antar kedua belah pihak tersebut.

Sejatinya kita ikut mengkampanyekan slogan Blogger Bukan Hecker oleh Tozie, salah satu pengurus Komunitas Blogger Garut.

Menurutnya, hackers build things ; crackers break them. Blogger adalah orang yang menulis blog. Blog kependekan dari weblog adalah website yang masukannya ditata secara kronologis.

Isi dari blog beragam sesuai dengan keinginan blogger pembuatnya. Belakangan kata blog menjadi kata kerja, to blog yang artinya mengelola isi blog.

Seorang blogger tidak perlu mengerti tentang sistem operasi, jaringan dan keamanan komputer. Jadi nge-blog itu adalah positif, sangat-sangat positif.

Hacker pengertiannya positif, blogger juga. (Real) hacker tidak akan merusak suatu sistem, apalagi blogger.

Kampanye lainya bisa dilihat disini

Dengan demikian, ngeblog petanda orang-orang yang mencoba mengikuti petuah beradab. Bukan biadab. Semoga. [Ibn Ghifarie]

Ayo Ngeblog, Ayo Ngoment Juga!!

Cag Rampes, Pojok Kumputer Ngeheng, 02/04/08;10.57 wib

13 Responses to “Ayo Ngeblog; Kampanyekan Blogger Bukan Hacker!!!”

  1. 2 April 2008 at 17:17 #

    sepakat kang

  2. 2 April 2008 at 17:42 #

    kayaknya ini kasus bakalan lama dan panjaaaaannnnggg…. tapi aku terus dukung BLOGGER BUKAN HACKER!!

  3. 2 April 2008 at 19:50 #

    Haduuh kalo roy pinter sama teknologi informasi ,,masa ga bisa dibedain antara blogger dengan hacker?Itu jadinya kalo ngomong ga ada ilmunya,,,,

    Ga usah pake kampanye2 segala,,,,tetap nulis yang positip aja,,,dan terus menulis,,,,soalnya gw pernah liat ada blog2 yang nulis negatif,,,,

    Biar tulisan kita yang menjafi bukti (halah)

  4. 2 April 2008 at 21:08 #

    Sebenernya kalo blogger yg hacker pasti ada… ;)

    Mungkin yg musti dikampanyekan itu ya peng-generalisasinya om RS itu…

  5. 2 April 2008 at 21:25 #

    I’m totally agree , but in fact hacker is crime ( of course in Indonesia)….
    singkatnya masih terlalu bnyak org indonesia yg mainstreamnya hacker = cracker…. huff it’s really bastard…

    ada yg kepikiran mau bawa ke forum international ?… saya maw bawa ni maslaah ke sana… ada yg mau ikutan..

  6. 3 April 2008 at 21:26 #

    @Hair
    Ayo teru kita kampenyekan ‘Blogger Bukan Hacker’

    @Fama
    memang pasti akan berlerut-larut bila tak segera diselesaikan. Tak ada ruang dialog apalagi.

    @Toni
    Sepakat. Semoga tulisan menjadi artepaknya.

    @Adit
    Tak menuntut kemungkinan ada. Namun, perkataan Om itu yang menuai polemik. Makanya perlu di dialogkan.

    @Arham
    Pertaman yang aku ikut membawa kemelut ini ke forum Internasional.

    Ayo Ngeblog, Ayo Ngoment Juga!!

  7. 5 April 2008 at 18:22 #

    Nuhun kang Ibnu dukunganana … seep insya allah dalam rangka meluruskan niat dan memaksimalkan ikhtiar.

  8. 6 April 2008 at 14:15 #

    Maaf sebelumnya, perlu diperjelas bahwa hacker bukanlah cracker. Banyak orang yang salah paham mengira hacker adalah perusak. Padahal Hacker bukanlah perusak seperti Cracker.
    Untuk lebih jelasnya lagi silakan membaca tulisan Pak Onno.W.Purbo – Masyarakat Hacker

    http://onno.vlsm.org/v09/onno-ind-1/network/network-security/masyarakat-hacker-08-2001.rtf

    Terima Kasih ^_^

  9. 27 April 2008 at 11:54 #

    roy suryo sepertinya sgt tidak bersahabat dengan para blogger ya! mudah-mudahan saja beliau “insaf” :D

  10. 27 June 2008 at 22:38 #

    Anak TK aja tahu kalau blogger sama hacker juga berbeda. Ngapain harus ada kampanye soal remeh temeh seperti ini. Blogger ada yang baik ada yang buruk
    Hacker ada juga yang baik dan ada yang buruk.

    Saya justru khawatir kalau kampanye seperti ini memunculkan kesan kalau blogger bertentangan dengan hacker – padahal kan nggak gitu maksudnya.
    Jangan mau diadu domba dengan cara-cara bodoh dong ya?
    Perduli amat blogger dianggap hacker atau hacker dianggap blogger. Toh anda blogger yang hacker ada juga hacker yang blogger. jadi saran saya : Omongan pakar kita , nggak perlu ditanggapi terlalu berlebihan. Sebab malah menciptakan kesan yang lain.

    SALAM

  11. 27 June 2008 at 22:41 #

    Kampanye ini mungkin maksudnya mau meluruskan logika ngawurnya sang pakar. Tetapi kesan di mata umum bisa lain seolah-olah blogger menentang para hacker. Kan repot kalo gitu. Sekali lagi semua blogger dan hacker berpikir dingin dong. Buat saja kampanye: blogger dan hacker emang keren
    Ha Ha Ha

  12. 14 October 2008 at 9:43 #

    aku bukan hacker loh, tp anak baik2… anaknya kyai loh hehehehe…. salam kenal

  13. 11 September 2009 at 5:37 #

    betul banget boss hacker tu gak berguna….
    kunjungi balik blogku yaa…!!

Leave a Comment