Serunya Blog Artis

Tengah minggu kemarin, saya sedang membaca Tabloid Nova (edisi No. 1048/XXI, dengan headline Mayangsari) yang dibeli oleh ibunda saya. Saat asik membuka-buka halaman demi halaman tabloid itu, tiba-tiba saya membaca sebuah artikel yang membuat saya nyengir lebar. Artikel itu berjudul Serunya Blog Artis, Dari Tepis Gosip Sampai Pencitraan Diri.

Ya, artikel tersebut menceritakan fenomena blog artis yang saat ini sudah mulai bermunculan, yang sebelumnya juga sudah diceritakan di sini, yaitu Dian Sastrowardoyo, Maia Estianty, Wulan Guritno, dan Angelina Sondakh.

Di artikel tersebut (sayangnya saya tidak mendapatkan artikel onlinenya) mereka menceritakan keasikan mereka ngeBlog. Salah satunya adalah karena mereka bisa berinteraksi langsung dengan penggemar. Mereka sendiri bahkan seneng dan surprised banget saat punya blog dan dikunjungi oleh banyak penggemar mereka. Baca saja gimana hebohnya mereka di sini dan sini.

Selain itu, bagi Maia, blog itu menjadi tempat yang baik untuk berbagi perasaannya saat menghadapi berbagai ujian hidup kepada penggemarnya. Dia merasa sangat plong bisa curhat langsung, juga merasa terhibur dan ditemani banyak orang saat curhatannya itu mendapat banyak respon. Kalo curhat di infotainment, artis kan nggak bisa mendapat respon yang sebenernya dari penggemarnya. Kalo di blog, wah, responnya bejibun..

Bagi Angelina Sondakh, blog-nya dimanfaatkan sebagai diari pribadi, pencitraan diri, serta transparansi kegiatannya sebagai anggota DPR. Sayang, sudah lamaaa sekali blog-nya tidak di-update..

Kita perlu angkat topi setinggi-tingginya bagi BlogDetik yang memiliki inisiatif mengajak para artis untuk membuat blog. Tidak hanya mengajak, BlogDetik juga memberi tahu manfaat blog kepada para artis tersebut. Belum berhenti sampe di situ, BlogDetik bahkan memberi pelatihan singkat tentang cara menulis blog, tujuannya agar para artis tersebut bisa mengoperasikan blog-nya sendiri.

Tercatat ada beberapa artis yang sudah membuat blog-nya di BlogDetik (walaupun tidak semuanya rutin di-update, bahkan beberapa yang baru posting satu tulisan saja), seperti: Adri Soebono, Ussy Sulistiowati, Acha Septriasa, Idea “Marvells” Fasha,  Trio Macan, dan Matta Band. Mungkin saja nantinya akan ada selebritis baru yang berhasil diajak untuk ngeBlog oleh BlogDetik, daftar lengkapnya bisa dilihat di sini.

Kita juga perlu memberikan penghargaan bagi Tabloid Nova, juga media-media cetak atau elektronik lainnya yang telah memperkenalkan dan menyebarluaskan aktivitas positif yang bernama ngeBlog ini. Bagaimanapun juga, meski jumlah blogger Indonesia bertambah pesat seperti saat ini, jumlah tersebut masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah konsumen media cetak atau elektronik. Oleh karena itu, salah satu cara paling efektif untuk mengajak orang ngeBlog tetaplah lewat media-media tersebut.

Bagaimana? Masih belum memutuskan untuk menjadi blogger?

Ayo ngeBlog!

64 Responses to “Serunya Blog Artis”

  1. 7 October 2009 at 21:27 #

    Mantap…

  2. 7 October 2009 at 21:29 #

    yang berhubungan dengan artis pasti seru

  3. 13 October 2009 at 14:01 #

    wah,mantep ni blog.malaupun gw ga baca. menurut para komentator si bagus . makannya gus juga bagus

  4. 2 November 2009 at 0:04 #

    Wah..
    mau nyari blog INDRA BRUGMAN ada gag :D

  5. 24 January 2010 at 9:58 #

    wah info yang bagus… lagi hunting-hunting juga nech

  6. 18 February 2010 at 4:25 #

    Hehehee para artis terkena demam blog juga ternyata :D

  7. 15 April 2010 at 22:24 #

    ak bru 3blan ngeblog nih…alsanya..biar bs seru2 an…hehehe…

  8. 11 May 2010 at 22:06 #

    memang ngeblog asyik ya……

  9. 2 June 2010 at 17:04 #

    You should definitely take advantage of the free $25 bonus at Saturn. I just made a deposit!

  10. 25 July 2010 at 21:24 #

    mantap artikelnya jangan lupa kunjungi kita ya : Les privat Gerbatama UI

  11. immanuel.hawk
    1 October 2010 at 15:37 #

    Compare Mortgages

  12. 12 October 2010 at 14:12 #

    http://www.yapasaja.blogspot.com – said “ya rupanya artis perlu juga untuk buat blog paling tidak untuk menuliskan sesuatu”

  13. 4 July 2011 at 11:36 #

    like this blog!

  14. 5 September 2011 at 15:34 #

    mau nyari blog andrea dian

  15. 9 September 2011 at 17:32 #

    Thanks for nice info. Jangan lupa kunjungi Les Privat Collegium

  16. 13 October 2011 at 13:38 #

    mantap……silahkan mampir di blogku…..

  17. 14 October 2011 at 20:31 #

    salam.
    memang cara yang cukup jitu untuk melakukan branding diri, pa lagi sosok artis yang sudah punya nama dan sudah dikenal publik sekaligus memberikan ruang bagi para idolanya untk menyapa langsung sang idola, dan kesan yang baik akan mengarah pada artis tersebut dan mestinya setiap pigur publik memberikan jalan untuk berkomunikasi langsung dengan audiensnya dengan cara yang efektif dan blog adalah salah satu media yang terbaik.
    salam.

  18. 21 October 2011 at 13:09 #

    mau cari smash ada gak yah>>>>??

  19. 11 March 2012 at 8:05 #

    Sesuatu yang berhubungan dengan artis pasti seru ….

  20. 10 April 2012 at 21:38 #

    Mas Ilmanakbar, salam kenal. Tulisannya bagus dan sangat informatif. Artis saja sekarang mau ngeblog, apalagi para Blogger Mania, jangan ketinggalan dong….Trims infonya, selamat dan sukses selalu untuk Anda semua. Numpang lewat, kalau sempat kunjungi balik ke website kami ya. Terima kasih atas atensinya…..

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa yang Seru dari Menjadi Blogger? - Memperluas Pertemanan! | Ayo ngeBlog! - 18 April 2008

    [...] Terus ada juga yang seneng banget dan kaget karena dikunjungi banyak penggemarnya (ini mah artis!) [...]

  2. Blogger, Partner Baru Membangun Brand-Awareness Perusahaan? | Ayo ngeBlog! - 20 June 2008

    [...] adalah Hari Blogger Nasional dan dianggap sebagai bagian dari keluarga besar pemerintah. Lalu, para artis beserta para tokoh-tokoh publik di Indonesia pun tidak ketinggalan memiliki media personal yang [...]

  3. Sandra Dewi Rajin Banget ngeBlog! Artis Lainnya Mana Ya? | Ayo ngeBlog! - 6 July 2008

    [...] publik Indonesia yang memiliki blog dan menjadi blogger. Tulisan-tulisan itu ada di sini, sini, sini, sini, dan sini. Waktu itu, kebanyakan mereka baru saja menjadi blogger dan sangat gembira [...]

  4. ‘Bocah Ingusan’ Saja Ngeblog, Kapan Giliran Anda? | Ayo ngeBlog! - 9 July 2008

    [...] dulu duni ngeblog acap kali diminati kalangan artis, menteri, dosen, pengusaha sarat dengan media online satu ini. Sekarang anak-anak pula ikut [...]

Leave a Reply to ya