Mesin Pencetak Uang itu Bernama Blog – Sebuah Motivasi untuk Mulai NgeBlog

Kok bisa sih dapat uang dari blog ?

Inilah salah satu keajaiban blog. Siapa saja bisa membuatnya dengan mudah. Ada yang gratisan (Blogger, WordPress, Catatanku, dll) ada juga yang berbayar. Dan semua blog pasti menyediakan CMS (Content Management System) atawa kolom-kolom untuk tempat mengetik tulisan kita beserta fasilitas penunjang lainnya. Dimudahkan banget kok. Cuma butuh niat doank. Intinya untuk menjadi blogger tidak harus bertapa tujuh hari tujuh malam plus mandi kembang tujuh rupa di danau tujuh warna sampai mendapatkan gelar “Web Master”. Hehehe…

Dan hal menarik di balik blog yang sedang booming sekarang adalah menghasilkan duit dari kegiatan ngeblog kita. Bahasa sono nya Blogging for Dollars. Wah apa ga asyik tuh… Dapet hobi baru (ngeblog), kenal banyak orang baru, plus ngasilin duit lagi. Kok bisa sih ?

Beragam Cara Mendapatkan Duit dari Blog

Banyak banget jalur untuk mendapatkan uang dari aktifitas yang satu ini. Sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dan fokus blog kita. Nih ku jelasin satu-satu :

Advertising Program – Mungkin jalur inilah yang paling banyak dipakai oleh para blogger di seluruh dunia. Karena, sistem dari program advertising ini sangat mudah diimplementasikan di blog kita. Cukup register ke situs penyedia layanan ini (diantaranya Google Adsense, BlogAds, Text Link Ads, dll), trus nanti kita akan dapat sepotong kode yang dapat kita sisipkan di blog kita. Nah sistem penyedia advertising program ini akan menampilkan iklan di blog yang disesuaikan dengan isi blog kita. Nanti kita akan mendapat duit dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung / pembaca di iklan yang tampil dalam blog kita. Namun karena belum ada penyedia layanan seperti ini di Indonesia, jadi mata uang yang dipake adalah US$. Nanti ketika jumlah uang yang kita kumpulkan sudah mencapai jumlah tertentu yang ditetapkan oleh masing-masing penyedia layanan, maka kita akan menerima selembar cek yang dikirim via pos ke alamat rumah kita. Nah, tinggal di tukar ke bank deh… Asyik kan ?

Sponsorship - Nah, kalau yang ini tau kan ? Artinya ketika blog kita dinilai bagus dan sesuai oleh sebuah instansi atau perusahaan (tentu saja sesuai dengan target konsumen yang mereka inginkan), maka mereka akan memasang banner di blog kita. Seperti yang yang dilakukan oleh Techcrunch. Soal tarif bisa ditentukan oleh si pemilik blog sendiri.

Menjual Tulisan – Sudah banyak blogger Indonesia yang pada akhirnya membukukan blog nya. Seperti yang dilakukan oleh Radith dengan novelnya yang berjudul Brontosaurus, Kambing Jantan, dll. Saya pribadi pun pernah mengirimkan salah satu artikel yang saya tulis di blog saya (wilihandarwo.com) ke koran lokal di daerah saya, Radar Tarakan. Dan alhamdulillah dimuat. Jadi blog bisa menjadi semacam arsip bagi tulisan-tulisan kita.

Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa membuat blog kita sebagai mesin penghasil uang. Diantaranya adalah RSS Advertising, Affiliate Programs, Menjual e-Book, Penjualan Merchandising, Donasi, Jadi Penulis di Blog Lain, Konsultan dan Pembicara, dll.

Mungkin ada beberapa kalangan idealis yang menulis blog untuk kesenangan batin saja. Sah-sah saja menurut saya. Namun bagi saya pribadi, karena masih berstatus pelajar dan belum memiliki penghasilan yang pasti, ngeblog untuk mencari duit harus saya lakukan. Soalnya untuk internet kan harus bayar (maklum langganan setia warnet sih), uang listrik, beli buku-buku, sampai secangkir kopi untuk menemani mengetik artikel di malam hari. Semuanya kan butuh duit toh…

Jadi bagi yang menganggap ngeblog cuma buang-buang waktu, ANDA SALAH BESAR. Saya sudah membuktikannya. Atau Anda punya cara sendiri gimana menghasilkan duit dari aktifitas ngeblog ? Bagi-bagi donk di kolom komentar. Mudahan orang yang membaca komentar Anda nantinya bisa ikutan ngeblog juga… Key ?

Ayo NgeBlog!

49 Responses to “Mesin Pencetak Uang itu Bernama Blog – Sebuah Motivasi untuk Mulai NgeBlog”

  1. 14 September 2011 at 3:16 #

    hey!!! this weblog is nice!! Im sure Im coming back to find more blogposts!!

  2. 15 September 2011 at 21:06 #

    heya! this webpage is absolutely nice!! Im sure Im coming back to see new blogposts

  3. 18 February 2012 at 16:55 #

    If your friend does not answer, you’ll be able to leave a video message. You’ll be able to Pay Per Click or the Pay Per Impression.

  4. 15 March 2012 at 16:25 #

    you’re in point of fact a great webmaster. The internet web site loading pace is incredible. It seems that you are doing any distinctive trick. Also, The contents are masterpiece. you’ve done a outstanding job in this topic!

  5. 22 April 2012 at 20:30 #

    Discovered your write-up really intriguing in truth. I really really enjoyed looking at it and you make quite some fantastic details. I am going to bookmark this website for the long term! Relly excellent content.

  6. 24 April 2012 at 15:46 #

    It may be too complicated and very inclusive for me. I am expecting for your next publication, and I plan to try to gain it! In fact the posting is spreading its wings quickly, searching for it…

Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa yang Seru dari Menjadi Blogger? - Memperluas Pertemanan! | Ayo ngeBlog! - 18 April 2008

    [...] Pasti ada yang bilang serunya jadi blogger itu karena bisa menghasilkan pendapatan (uang)! [...]

  2. Selamat Datang Bahagia - Ayat-Ayat Blog The Series #5 | Ayo ngeBlog! - 9 May 2008

    [...] manfaat blog. Baik itu manfaat secara langsung maupun tidak. Secara langsung misalnya, menjadikan blog sebagai ladang penghasilan, menjadikan blog sebagai media pendidikan, dll. Atau ada yang ketemu jodohnya lewat blog ? [...]

  3. Apa yang Menarik dari Pesta Blogger 2008? Sebuah Oleh-oleh Cerita | Ayo ngeBlog! - 26 November 2008

    [...] seperti tema besar Pesta Blogger 2008 sekarang (blogging for society). Juga blog for preneur, alias mendapatkan [...]

Leave a Comment