Daripada Ngelakuin yang Lain, Mendingan NgeBlog Bukan?

Teman-teman, apa yang biasa dilakuin kalo kita punya waktu luang, dan sedang berada di depan komputer, apalagi yang memiliki koneksi internet? Ngerjain tugas, nonton film, denger mp3, browsing2, main game, download2, chatting, ngeblog, atau apa lagi? Di antara semua itu, mana yang bisa disebut produktif?

Saya coba list ya, beberapa hal yang biasa teman-teman saya di kampus lakukan di waktu luangnya di depan komputernya:

  1. Ngerjain tugas dan belajar. Wah, ini sih memang sudah kewajiban mahasiswa..
  2. Nonton film. Hm, paling yang ditonton itu adalah film2 Jepang (anime/dorama) atau film-film bioskop yang kebanyakan di-download secara ilegal lewat internet dan dipertukarkan antar kita.. Atau DVD-DVD bajakan yang bisa dibeli dengan harga 10ribu rupiah doang.. Menghibur sih menghibur, tapi bajakannya ini lho.. Masa sih, nyari hiburan dari hal-hal yang bajakan dan illegal?
  3. Denger mp3. No komen ah.. Semua udah tahu sama tahu, palingan juga mp3nya dapet download juga dari internet.. Dan hampir bisa dipastikan, ini bajakan alias illegal..
  4. Browsing2. Cuma browsing ngabisin waktu aja tanpa tujuan yang jelas. Palingan juga friendster-an, atau kalo iman nggak kuat bahkan buka situs-situs porno.. Nggak ada manfaat yang sama sekali di dapet.. Nggak produktif kan?
  5. Main game. Sudah tahu sama tahu, hampir bisa dipastikan, bahwa game 3D keren-keren yang dimainkan di komputer kita kebanyakan adalah game bajakan.. Lagi-lagi, masa nyari hiburan dari yang banyakan sih?
  6. Download2. Ini nyambung ke nomer 2 dan 3 di atas.. Yang paling sering di-download adalah film2 atau mp3 bajakan.. Relatif jarang, yang download program atau resource yang berguna buat meng-upgrade ilmu kita..
  7. Chatting. Syukur2 di chatting itu ada pembicaraan yang bermanfaat, tapi biasanya kan kita cuma chatting nggak ada tujuannya.. Ngegosip juga, atau nyampah2, atau ketawa-tawa aja..

Tidak banyak hal produktif yang dilakuin oleh kebanyakan kita di depan komputer dan internet.. Kebanyakan kita nggak sadar kalo yang kita sedang lakuin di depan komputer ini nggak bawa banyak manfaat buat kita.. Cuma nyari senengnya aja, tanpa mendapat manfaat yang nyata dari aktivitas yang kita lakuin..

Akan tetapi, di antara hal-hal yang biasa dilakukan di depan komputer dan internet, ada satu aktivitas lainnya yang sekarang sedang populer, terbukti produktif, dilakukan oleh banyak orang ternama, dan didukung oleh Menteri.. Bahkan, aktivitas ini punya ‘hari raya’ nasionalnya, yang diresmikan secara resmi oleh Pak M. Nuh, Menkominfo kita pada tanggal 27 Oktober.. Ya, apalagi kalo bukan ngeBlog..

Ngeblog adalah aktivitas yang gratis, legal, produktif, dan percaya atau tidak, mencerdaskan bangsa kita..

Tunggu apa lagi, bukalah Blogger atau WordPress atau Catatanku (ini provider blog made in Indonesia lho!), ikuti langkah-langkah singkatnya, dan segeralah membuat blog! Teman-teman tidak akan merasakan manfaat dan asyiknya ngeblog sebelum benar-benar jadi blogger..

Ayo NgeBlog!

14 Responses to “Daripada Ngelakuin yang Lain, Mendingan NgeBlog Bukan?”

  1. 29 October 2007 at 21:34 #

    Yuk… Ikutan nge-Blog ah…

  2. 29 October 2007 at 21:54 #

    Tul, ayo ngeblog…might be everyone should have to know about Professional Blogging ?, yang ini tanpa adsense lo. Dia namanya yaro starak dari australia, penghasilan 5 digit dollar.. singkatnya dia Entrepreneur, sama kyk [email protected] & gw juga tentuya…

    BTW I’m the first comment…hahahah

    http://Road-entrepreneur.com

  3. 30 October 2007 at 12:25 #

    Man, ajarin bikin banner yang javascript donk…? btw kasih tutornya di email gw yah…coz gw kyknya gi jarang k ilkom dl nih.. paling stlh UTS baru ksana….

    [email protected]

    Arham
    http://Road-entrepreneur.com

  4. 30 October 2007 at 12:31 #

    @Arham:
    Hmm… Saya lebih cepat 20 menit daripada Arham.
    Hahaha…

    Btw, banner javascript kyaknya ada di dynamicdrive.com deh…

  5. 30 October 2007 at 16:55 #

    hmmhh bener juga si…..tapi kalau ngeblog mulu kan juga ga baik….sesuatu yang berlebih itu juga ga baek :P …..

    ~lagiMalesNgeblog

  6. 30 October 2007 at 21:57 #

    @praditya
    Next time gw coba jadi yang pertama dehh….heheh

    @toni
    Tul, yang berlebihan itu ngak baek setuju abis, tapi Ngeblog itu bukan suatu tekanan, bukan kerjaaan. believed on me…
    next time gw buat deh articles kenapa Blog is Business not a Job..tinggal liat di blog gw…taw ngak kalo blog itu cuman perlu 2 jam seminggu untuk professional blogging, dari blogwalking sampe posting total cuman 2 jam. nah bagi yang belum Prof.blogging cukup 3 kali posting untuk sepekannya total ngak sampe 2 / pekan lho…oh ya Blog itu social media jadi ngak akan ada hasilnya kalo yang maksud ngeblog cuman posting .tapi ngeblog itu ya blogwalking,comment,& dll….in sort just do it with your passion..rite ?

  7. 31 October 2007 at 14:13 #

    Selain Blogspot, WordPress, ada juga catatanku.com, blogware asli produk anak bangsa. Masih beta, tp banyak ide tp krn keterbatasan SDM dan waktu, proyek pengembangannya agak lambat. Salam Blogger!

  8. 31 October 2007 at 20:23 #

    Maunya sih 24 jam nonstop buat ngeblog…tapi ya gitu deh access terbatas..hiks hiks….

    Go BloG …Cahyo….

  9. 31 October 2007 at 21:11 #

    [email protected], mo minta niche dong tentang computer, makanan, travel ato sport yg penting long tails yang spesifik gtu..mo bikin blog nih..kasih gw umm 10 niche yah…

    http://Road-entrepreneur.com

  10. 27 November 2007 at 10:33 #

    holaaa…saya termasuk ‘penyedia’ untuk aktivitas yang nomor 3.. :D ,abisnya dapet page impression na lumayan sih,,hehe *mata duitan*

  11. 28 November 2007 at 9:50 #

    ayo deh nge-Blog!!!maen dong ke blog sayah, ntar banner blog ini aku pasang deh…hehehe…aku termasuk “tua” karena nge-blog dari taon 2002 tapi baru aktif banget taon 2007 ini…meski tiap taun ada ajah yang ditulis..biar bilangan taunnya gak ilang..*ngakak*

  12. 7 May 2008 at 9:49 #

    Wah…TFS
    Saya baru mulai ngeblog nih.
    Silakan mampir ke blog Saya ya…
    :)

  13. 27 August 2008 at 18:03 #

    saya juga baru mulai ngeblog….tuntun dong.

Trackbacks/Pingbacks

  1. 1 bulan « Behind The Scene - 15 February 2009

    [...] blogging satu bulan, ternyata blogging itu nyenengin. hehehehe. ya bener kata Mas Ilman , daripada melakukan aktivitas lain, mending blogging. Entah itu ngeblog atau blogwalking, [...]

Leave a Comment